January 18, 2014

Happy 2nd Anniversary KEB!



Hip..hip hoera...

Ada yang ultah looh. Yap, ternyata hari ini tanggal 18 Januari adalah hari ultahnya komunitas Kumpulan Emak Blogger, alias KEB yang kedua. Umur boleh baru 2 tahun, tapi kiprahnya di dunia blogging sudah amat membahana. Grup yang dipelopori sama emak cantik Mira Sahid ini memang keren.

Apa yang membuat suatu organisasi keren? Tentunya aset utamanya yaitu para anggota. Makanya alhamdulillaah, sudah diberi kesempatan untuk bergabung di grup KEB ini. Gimana enggak, disini aku jadi banyak belajar macem-macem dari emak-emak yang inspiring banget.

Ehem, jadi malu nih sebagai newbie karena belum banyak kontribusi padahal ngeblogging ternyata udah 7 tahun. Ngapain aja tanteee... Ya, dulu aku ngeblog karena desakan teman yang pengen tahu kehidupan sehari-hari di Belanda ngapain aja. Belum sempet bikin blog, dah keburu pindah ke Jeddah. Itupun buat blognya di Friendster (tau friendster gaa ;) dengan kunci grendelnya yang kenceng. Maksudnya tulisanku kebanyakan hanya untuk teman dan saudara. It's like I'm writing a letter to them. Pokoknya tertutup banget deh. Pikirku blog ini cuma catatanku doang kok. Sampai akhirnya FS ditutup dan begitu juga blog "Simply Our Story"-ku yang sebagian besar isinya kupindahkan ke "Simply My Notes" di blogger ini.

Juga dengan cerita dari seorang teman aku tau apa itu blogwalking. Walaupun begitu, pada awalnya blog walkingku masih ga jelas maunya apa. Kadang-kadang aja stumble ke sitenya orang, yang ternyata menarik tulisannya. Pelan-pelan si kura-kura pun keluar dari tempurungnya dan bertemu dengan orang-orang manis di dunia perbloggingan. Eh, ternyata dari ngeblog bisa punya temen juga ya (*ditoyor emak-emak sekampung). Tapi ya, si kuper ini masih belum berani keluar jauh-jauh dari radarnya.

Sampai kemudian tahun lalu, temen seperantauan di Jeddah yang juga pencetus ide Bunda of Arabia alias tante Jihan Davincka, ngajakin gabung di KEB. Pernah sih sesekali melihat logo-logo KEB di blog-blog emak cantik Mayya Eka en Rina Shelomita. TErus iseng-iseng ngeklik ke website Rumah Emak. Kayaknya lucu yaa kalo bisa gabung. Aku kan perempuan yang (kadang-kadang) ngeblog. Tapi terus terang si kuper ini paling jiper kalo ikut-ikutan gabung suatu komunitas. Abis takut dicuekin hihihi...*minderakut

Sebenranya sih takut malu-maluin aja. Isi blogku kan banyak curhatannya. Juga banyak coretan iseng yang ga jelas. Ya judul blognya aja Simply My Notes, tempat berlabuhnya pikiranku yang suka wandering around. Tapi,  untungnya diapprove ni applicationnya (kayak ngelamar kerja aja). Dan seperti layaknya datang ke suatu acara, si newbie yang sering ga pedean ini agak malu-malu juga mau perkenalkan diri. Akhirnya berdasarkan house rule en daripada dikeplak Makmin Sary Melati, yah aku pun memperkenalkan diri dan blog yang acak adul ini. Dan masya Allaah, senangnya disambut teman-teman baru. Tetapi ternyata ga hanya berhenti di perkenalan yaa.. Berikut-berikutnya saat masih tetep malu-malu (moga-moga ga malu-maluin), aku mulai mengenal the art of exchanging link.

Yap, senangnya melihat orang lain yang juga berperasaan, beride, berpikiran yang sama tentang suatu hal saat aku maen-maen ke blog mereka. Dan wawasan serta ilmu blogging pun terbuka saat disana. Kadang juga gatel ninggalin komen, karena pengen komunikasi saja dengan si empunya blog. Pengen jadi silent reader terutama pas maen ke blogger yang belum kenal, tapi kadang mulut eh jari yang gatel pengen komen ini ga bisa ditahan. Aku bisa ikut tertawa, cekikikan, tercekat haru, tegang bahkan terharu saat membaca cerita-cerita yang teruntai di blog para emak. Bukan cuma cerita sehari-hari ataupun pengalaman yang aku baca tetapi juga exciting fictions. So amazing cara mereka merangkai kata. Gratis pula bacanya, ga perlu beli ke toko buku (kecuali ADSL tetep harus bayar tiap bulan kali, neeng...p). Daaan, si kuper ini pun baru ngeh dan tahu, ternyata banyak anggota dan makboard KEB adalah penulis buku dan blogger terkenaaal. Yaay, gue kenal orang ngetop *iddih siapa lu, ngaku2 :p ge-er tingkat dewa kumat.


Their writings are inspiring me and therefore most of the times I get some ideas of what to write next. Being in KEB has increased the frequency of my writing. My old blogging buddy also admitted that. Mereka bilang kalau aku sekarang lagi rajin nulis. Blognya dalam 1 bulan pasti ada aja at least 1 tulisan. Aku bilang, ini karena aku ikut KEB, jadi keikut arus nulis.

Kebaca kan di atas, kalau sebenarnya aku ini adalah kura-kura pemalas yang butuh motor pendorong untuk bergerak. Mulai dari buka blog, perlu dikejar-kejar teman baikku dari kuliah itu. Untuk blogwalking juga diajakin teman arisan. Terus setelah punya beberapa blogging buddies, merekalah yang menjadi pendorong aku untuk menulis macam-macam. Makanya kadang-kadang I feel drained. Ga ada ide buat nulis, karena kurangnya bahan bacaan. Eheem... Okeee.... actually not ideas, tapi motivator untuk nulis.

That's the keyword. KOMPOR alias motivator. Aku perlu kompor dari luar diri kalau mau menulis. Padahal aku tahu banget, menulis itu pelampiasan stressku dan terapi jiwa. Masih teringat, bagaimana sejak SMA sampai kuliah, saking pusingnya mau ujian, bukannya membenamkan diri di tengah buku untuk belajar, aku malah menulis berlembar-lembar cerita khayalan yang tokohnya teman-temanku sendiri. Sudah tahu menulis adalah obat, kenapa masih males siih. Jawabnya, kompornya kurang panas.

Nah, bayangkan, sekarang aku berada dalam sekumpuluan orang yang cinta banget nulis. Tiap hari ada saja tulisan yang menggelitik untuk dibaca. Bahkan simple things pun bisa dijadikan tulisan yang enak untuk dibaca (en eventually will make me say...why didn't I think of that!). They have become my new kompor. En bukan 1, 2 atau 5 tapi belasan. Mau cari contekan resep ataupun ngintip tips dan pengalaman travel, down to earth parenting sampai all the simple things yang aku bilang itu... Pokoknya semua lengkap ada di newsfeed grup FBku ini. My blogwalking is now becoming more focus and my blog has more posts (yaaay),

KEB n all the inspiring emaks, you have been my motivator, my muse, my challenger to keep on writing. Writing not only as my own means to pour my heart out or as my monthly dose of sanity pills, but also as a way to share what I know and what I experience to others (although they are so few). But most of all, I'm thankful being in this group of emaks yang punya banyak amunisi untuk berbagi cerita, pengalaman, tips ke siapapun di dunia maya. Keep up the good work, fabulous emaks...

Happy birthday Kumpulan Emak Blogger. Lang zal jij leven in de gloria... Hip-hip...hoeraaa!

5 comments:

  1. So Happy bisa ktmu mak Vica yg keren... Thanks to KEB yg jg keren :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mak Muna Cantik...Tambah temen2 yang keren2 di KEB ini :)

      Delete
  2. Seneng ya, mak bisa punya teman dari nge blog. aku kenal Mak Vica pas dapet Buku Bunda Of Arabia dari menang GiveAway dari blog anggota KEB juga......,, dan sekarang bisa temenan sama Mak Vica yang keren ini, rasanya Amazing.....hehhee....

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mak Emi...tambah temen, tambah wawasan, tambah ilmu. Moga2 ketularan keren kayak mak Emi. Alhamdulillaah, silaturahim walau virtual tetap ada yaa :).

      Delete