Skip to main content

Posts

Showing posts from July, 2019

Polemik Popcorn Halal

Saat lihat postingan di Facebook tentang  popcorn yang masih belum jelas halal/haramnya, terus terang lemes juga saiaah. Udah pernah beli yg di MY/SG soalnya buat hadiah. Memang bukan saya yang makan, tapi kan berarti saya kasih ke orang, makanan yang belum jelas kehalalannya. 
Ada setidaknya dua point masalah disini sebenarnya.  Bahan apa yang bisa buat si popcorn jadi ga jelas halal/haramnya. Jagung doang gitu looh.Kenapa bisa ada perbedaan antara satu negara dgn negara lain. Misal di Dubai kok bisa dijual secara umum. Yang no. 2 dulu deh yg lebih simple. Tiap negara kan ada policy masing-masing. Kalau di gulf countries yang anggota GCC (Saudi, UAE, Kuwait, Qatar, Oman, Bahrain) sepertinya sudah by default kalau makanan yang dijual di tempat umum itu halal. (kecuali. Setahu saya di Dubai, dimana di hotel dan beberapa supermarkt besar ada section khusus jual haram food n supplies cmiiw).