Skip to main content

Posts

Showing posts from 2015

Garuk Otak Soal Pengungsian Syria

Masih ketinggalan di dalam memoriku, percakapan dengan seorang teman saat mengisi waktu sepanjang perjalanan dalam sebuah taxi di Jeddah. Mendengar keinginanku untuk pergi keluar dari Saudi dan kembali ke Belanda atau negara Eropa lain, tiba-tiba dia berkata bahwa ada hadits yang melarang seorang muslim untuk menetap di negara kafir apalagi membeli rumah disana. Terus terang saja aku kaget. Hadits darimana itu. Dia hanya mengatakan pernah baca atau dengar. Lalu aku bertanya, lalu bagaimana dengan muslim yang memang asalnya dari negara yang disebut kafir itu sendiri. Lagipula siapa yang punya negara? Bukannya ini bumi Allaah, disinilah kita bisa berjalan sebagai kafillah. Lalu mengapa bisa muncul hadits yang melarang hal yang seperti itu. Walau ilmu agama saya tidak ada, apalagi soal hadits, tapi setahu saya, Islam itu penuh logika dan tidak mempertentangkan antara satu hal dengan yang lainnya. Semua ada penjelasannya  kecuali yang memang tidak ada penjelasan yang menjadi rahasia Illah…

Cangkul, cangkul, Mari Berkebun

Sebagai bagian dari pelajaran sekolah, siswa Grup 5 di sekolah si Mas mendapat ilmu berkebun n bercocok tanam. Tsaaah, pake ilmu segala. Tapi ya bener loh, bukan hanya asal nanam juga tapi ada cara-caranya. Dan, pelajarannya bukan teori di dalam kelas, tapi langsung praktek di kebun. Seru juga loh.

Acara berkebun ini untuk kelas si Mas diadakan tiap hari Rabu pagi. Diharapkan seluruh siswa sudah siap di kelas sebelum bel berbunyi, sehingga tepat 8.45, diiringi bel sekolah, mereka dapat berangkat menuju kebun sekolah. Kebun yang jaraknya sekitar 10 menit jalan kaki itu, ternyata bukan milik sekolah tapi milik gemeente (pemkot), sehingga tiap anak wajib membayar 20 euro untuk kegiatan ini. Selain untuk penyewaan tanah, juga untuk membeli bibit dll.


Saat baru datang, rombongan anak-anak masuk ke semacam rumah kebun, tempat penjaga kebun yang juga akan menjadi pemandu berkebun. Di ruangan sebesar aula kecil itu, pertama-tama, siswa dijelaskan tentang rencana kegiatan hari itu. Selain itu…

First Mobile Posting

Mau coba mobile posting ah. Sering banget pengen nulis status pribadi yg mau dishare, tapi di BB nyambungnya ke FB Le Carrousel. Kurang pas. So, moga2 berhasil.

Bismillaah.


---
Verstuurd met mijn BlackestBerry

KLEPON - Indonesische Kleefrijstballetjes

Ceritanya kemarin si Mas ada tugas presentasi atau spreekbeurt di sekolah. Sebenarnya sih tugasnya dari sebulan lebih yang lalu. Tapi masak baru persiapan less than 2 weeks. Alamaak. Presentasi tentang Indonesia, akhirnya dia presentasi tentang hal-hal yang ia ingat dan pernah tau, biar gampang ceritanya. Terus aku iseng, mas, bikinin traktatie (traktiran) ya. Klepon kan enak. Dia setuju, eh, ternyata katanya pada suka. Jadilah disuruh buat resepnya. Bahasa Belandaku masih ngaco sih, jadi comot dari website orang lain. Cuma kok ga pas dengan resepku, jadi yah akhirnya bikin resep sendiri deh. Jadi yang bisa berbahasa belanda, maapkeeeuuun... kalo ada yang ngaco-ngaco bahasanya. Moga2 temen2nya si mas ga bingung baca resep dari moedernya si mas hahahah....

-----------------
Zin in iets makkelijk te maken voor een kleine hapje? Dan moet je dit proberen. 


KLEPON (KLEEFRIJSTBALLETJES)


Klepon is een zoet, Indonesische hapje, gemaakt van onder andere kokos en bruine palmsuiker (goeladjawa).
Ing…

Liburan Santai ala Vakantiepark Belanda

Dalam urusan traveling, masih keinget banget "sindiran" seorang temen Jerman waktu dulu ambil short break libur sebelum harus summer internship.
"So, today you will visit me in Dusseldorf?"
"Yes, I think so, but it will be tight. I will go from Duisburg, then Dusseldorf, Koln, then Bonn, then return again to Duisburg. Maybe we can meet during lunch time?
"Whaaat? Three cities in one day? Vica... You travel like a Japanese..."
"Owh Really? How do you think I suppose to travel then?"
"Enjoy one city at a time...Tomorrow then come here?
"Can not. Tomorrow I'll go to Berlin"
Eeerr.....

Duuh, gimana yaaa.. Dia kan orang lokal gitu looh. Sementara saya berpikir waktu itu ga akan tinggal lagi di Eropa. Jadi dimanfaatkan dong kesempetan jalan-jalan. Apalagi transportasi gampang banget. Kalau saya di Indonesia juga kalau pergi ke satu kota ga akan lah satu hari berkunjung ke beberapa kota sekaligus.

Sampai akhirnya datang juga…

Ngerasain juga BYAAAR PET di luar Indonesia

Tadi pagi, Jumat 27 Maret, sekitar jam 10 kurang, ceritanya saya abis loading cucian ke dalam mesin cuci. Lah kok pas mau diidupin ga bisa? Lampu washing room pun juga ga nyala saat saklar dipencet. Wah, pikir saya ini sakelarnya turun kali yang bagian ruangan atas. Buru-buru deh saya ke bawah, ke kotak sekering. Ternyata, semua saklar naik, alias pada berfungsi. Jangan-jangan mati listrik. Langsung deh googling mencari apakah ada perbaikan atau pemadaman listrik di daerah sekitar rumah. Curiganya sih karena sedang ada pembangunan perluasan pertokoan dekat sini, lampu jadi padam. Suudzon yaak hihihi.. Ternyata ga dapat infonya di internet. Walaah, mana batere BB ternyata low-bat. Padahal pagi-pagi loh. Seharusnya kan masih fully charged or at least berkurang sedikit. Selain itu, dodolnya tuh, karena bingung, saya bikin status mati listrik di FB Le Carrousel yang friend listnya kebanyakan di Indo dan Jeddah. Padahal maksudnya nanya, kali aja ada teman-teman yang tau beritanya, ada apa…