Skip to main content

Posts

Showing posts from 2019

Keto pumpkin pie

Autumn is here. Pumpkin pun jadi murah di mana-mana. Emak irit sense is tingling!
Bikin deh pumpkin soup favorit. Cuma sering liat aja pumpkin pie di Insta n iklan FB. Jadi pengen coba bikin. Tapi pas kemaren nemunya resep keto muffin cheesecake. Ya udah pake aja. Tinggal ganti loyangnya dan tambahin pie crust.

Loyang yang saya pakai sekitar 22 cm (9 inch) tinggi 5 cm. Dilapis aja dulu pakai kertas kue biar ga lengket. Pinggirannya dilapis tipis mentega.

Untuk membuat pumpkin puree, seperti biasa, pumpkin saya oven sampai empuk kira-kira 35-45 menit dalam suhu 180 der C. Kalau sudah agak hangat, bisa dipegang, kulitnya dilepas, tapi ada beberapa jenis pumpkin yang bisa dimakan sekalian kulitnya. Jadi kalau ga bersih-bersih amat dari kulit ya, no problem. Pastikan aja pumpkin udah dicuci sebelum masuk oven ya. Jangan lupa keluarin juga bijinya. Setelah itu pumpkin yang udah empuk gampang buat diblender tanpa air.

Di resep pumpkin pie asli (non keto), pakainya susu kental manis. Mungki…

Pizza Crust Kembang Kol

Mau diet keto jadi ga bisa makan pizza? Weits kata sapaaa.... Liat aja keto blogger (di seluruh dunia yak) yang punya banyak resep pizza. Crust alias lapisan rotinya ada yang fathead alias full fat high calorie dan ada yang pakai kembang kol yang lebih rendah kalorinya.

Saya lebih suka yang kembang kol, soalnya suka makan macem-macem. Daripada cuma makan sebiji fathead terus kebutuhan kalorinya udah  mentok for the day? Lagipula dengan kembang kol, dapat serat dari sayurannya. En ternyata bocah pun suka karena pada dasarnya kembang kol kan emang ga ada rasanya. Ini saya adaptasi dari resepnya dr.Eric Berg.


Selain itu buatnya gampang aneeet.... Bikin postingan ini juga buat dimasukin ke Myfitness pal, biar jempol ga cape ngetik. So ditunggu aja updatenya isi kalori dan makronya. 

KETO Pizza Crust - Kembang kol (Cauliflower/bloemkol)
Bahan: 225 gram kembang kol  225 gram mozzarella 1 butir telur, kocok lepas bumbu Italian - kalau mau
Cara membuat 1. Panaskan oven 200derC, siapkan loyang…

Polemik Popcorn Halal

Saat lihat postingan di Facebook tentang  popcorn yang masih belum jelas halal/haramnya, terus terang lemes juga saiaah. Udah pernah beli yg di MY/SG soalnya buat hadiah. Memang bukan saya yang makan, tapi kan berarti saya kasih ke orang, makanan yang belum jelas kehalalannya. 
Ada setidaknya dua point masalah disini sebenarnya.  Bahan apa yang bisa buat si popcorn jadi ga jelas halal/haramnya. Jagung doang gitu looh.Kenapa bisa ada perbedaan antara satu negara dgn negara lain. Misal di Dubai kok bisa dijual secara umum. Yang no. 2 dulu deh yg lebih simple. Tiap negara kan ada policy masing-masing. Kalau di gulf countries yang anggota GCC (Saudi, UAE, Kuwait, Qatar, Oman, Bahrain) sepertinya sudah by default kalau makanan yang dijual di tempat umum itu halal. (kecuali. Setahu saya di Dubai, dimana di hotel dan beberapa supermarkt besar ada section khusus jual haram food n supplies cmiiw).