Skip to main content

Pizza Crust Kembang Kol



Mau diet keto jadi ga bisa makan pizza? Weits kata sapaaa.... Liat aja keto blogger (di seluruh dunia yak) yang punya banyak resep pizza. Crust alias lapisan rotinya ada yang fathead alias full fat high calorie dan ada yang pakai kembang kol yang lebih rendah kalorinya.

Saya lebih suka yang kembang kol, soalnya suka makan macem-macem. Daripada cuma makan sebiji fathead terus kebutuhan kalorinya udah  mentok for the day? Lagipula dengan kembang kol, dapat serat dari sayurannya. En ternyata bocah pun suka karena pada dasarnya kembang kol kan emang ga ada rasanya. Ini saya adaptasi dari resepnya dr.Eric Berg.


Selain itu buatnya gampang aneeet.... Bikin postingan ini juga buat dimasukin ke Myfitness pal, biar jempol ga cape ngetik. So ditunggu aja updatenya isi kalori dan makronya. 


KETO Pizza Crust - Kembang kol 
(Cauliflower/bloemkol)

Bahan:
225 gram kembang kol 
225 gram mozzarella
1 butir telur, kocok lepas
bumbu Italian - kalau mau

Cara membuat
1. Panaskan oven 200derC, siapkan loyang lingkaran pizza atau pie atau loyang kotak biasa untuk mini pizza, lapisi dengan kertas kue
2. Parut kembang kol atau proses halus di food processor.
3. Peras agar airnya berkurang. Atau sangrai sebentar di penggorengan yang sudah dipanaskan, sampai cukup kering
4. Bila memakai mozzarella utuh asli,  peras dulu sampai benar-benar kering, lalu suwir/hancurkan atau  campur langsung di food processor. Bila memakai mozzarella parut, bisa langsung diaduk.
5. Masukkan telor kocok dan bumbu (optional), aduk rata. Adonan akan agak basah
6. Ratakan adonan di loyang pizza, atau ambil kira-kira 80-100 gram dan bentuk lingkaran di atas loyang besar. 
7. Bakar 15menit pertama. Bila akan langsung dipakai, keluarkan dan lapisi saus pizza favorit kamu, lalu bakar lagi sekitar 10 menit. Bila akan disimpan, putar loyang dan bakar sekitar 5 menit atau diamkan dalam oven sekitar 10 menit tanpa api.

Sausnya apa? Saya pakai ragu/bolognese aja yang gampang. Lalu dilapis salami dan mozzarella. Tapi diisi burger atau untuk pengganti roti india yang untuk makan butter chicken juga bisa. 


Comments