February 27, 2012

What a HECTIC Day for A Seller

Image by Khalif - Flickr
Huft capek juga ni hari. Tadi pagi ketahuan akhirnya si mami n si bungsu bakalan nyampe sini insya Allah jam 9 pagi. Whaaa....bukan sore apalagi malem. Beberes lah daku. Padahal kalau besok malam, rumahku pasti udah dirapiin sama si mbak2 Filipina.

Yah kedatangan si mami buat umroh memang benar-benar mendadak. Dua minggu lalu dapat kabar dari teman, bahwa kita bisa datangin orangtua pakai visa umroh. Langsung saja saya hubungi travelnya. Alhamdulillah dalam waktu kurang dari 2 minggu, visa sudah keluar yaitu Jumat kemarin. 

Sibuk dah aku  mempersiapkan promo pack buat jualan Swatchku. Kesempatan banget dong. Tadinya juga mau buka jualan Ikea, tapi ini aja mau buka PO Swatch repot banget. Ikea nanti aja deh kalau mudik.
IKEA.com
Repot juga ngerjain sesuatu mendadak. Tahun lalu dengan santai, mendatangi setiap gerai Swatch buat survey harga, melihat model dan mencocokan ke website storenya. Terus membuat foto2 yang diambil dari website Swatch. Cukup santai karena waktu yang banyak. 

Sekarang waaaks...gedebrukan. Karena belum tau pasti apakah mami, calon kurirku ini bisa beneran jadi kesini. So dari Jumat sampai sekarang cuma ada 2 hari. Belum sempat betulin pricelist. Alamat bergadang nih tar malam. Masukin harga dan spesifikasi ke Facebook shop account.

Lumayan juga dari jualan Swatch ini aku bisa dapat untung. Dan pelanggan juga mendapat untung lumayan dibandingkan beli dari Swatch store di Jakarta maupun dari online shop lainnya. Caranya bisa murah? Ya barangnya hand carry gitu looh. Menghemat ongkos kirim dari sini ke Jakarta. Di Jakarta kirim ke alamat2 di dalam Jakarta cuma sekitar Rp 5.000-10.000, kalau ke luar Jakarta ya lebih  mahal sih. Selain jualan karena pengen dapat profit, yah seneng aja jualan something fashionable kayak jam Swatch. 

store.swatch.com
Tapi sekarang nambah lagi tugas jualan. Jualan buku. Wadoooh. Menjelang keluarnya buku pertama kami, Bunda of Arabia, bukannya tugas soal editing dan cover yang dikejar, malah calon pembeli. Terus terang, tidak seperti teman lainnya, aku belum mencari-cari calon pelanggan. Aku  menunggu saja cari pelanggan kalau bukunya sudah keluar sambil mengerjakan tugasku bikin cover. Bukan aku sih yang mengejawantahkan, karena ga jago alat2 penyusun gambar. Tapi untung ada ahlinya yang akhirnya dia sibuk mengartikan (maunya) ideku dalam gambar. hehehe. Barusan baru tau, ternyata seorang teman sudah ada yang punya calon pembeli 40 orang. Gubrak. Hebat beneer. Sementara seperti biasa, aku masih berada di belakang layar. Siap2in bahan promosi hahahah. Kapan kejualnya jatah bukuku hahahah....

Teaser - Anthology Bunda of Arabia
Beneran deeeh, aku marketing aja. Aku tau cara memasarkan ide atau konsep tapi tidak menjualnya. Toloong  daah. Kurang persistent hehehe. Dan terutama kurang gaul. Makanya online shop pun pake nebeng punya saudara pula. Untung doi sabar menghadapi kelakuan ponakannya yang suka tau2 nyelipin barang yang ga sesuai dengan theme olshopnya hihihi...

Ya sudahlah, karena dari tadi udah capek, puyeng bolak balik liat gambar Swatch plus bikin pricelist sama sekalian diskusi di forum Bunda of Arabia, plus beberes rumah en ngurusin anak, sekarang nulis blog aja dulu deh, menumpahkan segala kesumpekan mata. 

Huff, kalau dibilang satu tulisan, satu hari; hari ini rasanya sudah berlebihan nih, dengan menuangkan 5 tulisan dalam berbagai ide dan forum. Inhale, exhaleee....

12 comments:

  1. wihhh mana coba link swatch online shop nya?!? aku mau liat dunk kali aja ada yang lucu2 juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. buahahahaha, emang yaaa, kalau ada bau-bau jualan, pada cepet aja ngumpul. padahal ga ada yg woro-woro. wakakkakaka. iya mana coba Vic, gw mo liat :p

      Delete
    2. hihihi...makasih dah pada mampir. Tapi ya itu, belum sempet final check harga. Takut kayak kejadian tahun lalu aja nih, udah buka PO, tau2 di storenya harga naek (gubrak). Untung masih dpt profit.

      Kalau mau liat2 katalog sih, di webstorenya US nih http://store.swatch.com/

      Delete
    3. aprilmopgal: selese sudah uploadnya.

      Silahkan diliat2 di link ini
      https://www.facebook.com/media/set/?set=a.332074643510003.87417.100001224102851&type=1&l=5da2e6cd6b

      Delete
  2. aaahhh gw pecinta Swatch.
    nanti kapan2 beli sama lo deh :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleeeh...gue cuma jualan kalo ada yg mau ke Jakarta hahaha... hemat ongkir bisa buat nekan harga :p

      Delete
  3. Vic, RED REBEL SUOR701 ada tak?
    Kalau di "toko" lo berapa?
    *mulai deh impulsif buying*
    buahahahahaa

    ReplyDelete
  4. ini jam laku yak. Tahun lalu sih IDR 695.000.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu masih bertebaran sih warna merahnya. Nah baru-baru ini, ilang tuh yg merah nyala :( Nyesel waktu itu ga beli aja. Eh kalau masih ada, kabar-kabarin yak. Trus cara pembayarannya pegimane? Email me deh yak (e.n_emy@yahoo.com)

      Delete
    2. Barusan abis price check gue liat masih ada. Malah ada warna baru lagi.
      Harga masih sama (alhamdulillaah) hehehe

      Ini kalau mau cek2 album di facebook.

      https://www.facebook.com/media/set/?set=a.332074643510003.87417.100001224102851&type=3&l=5da2e6cd6b

      Delete
  5. Mauuu Swaaatcchhh... Ibu Vica yang cantik, apakah ada yang seri bendera Swiss? Waktu itu aku liat di HK dan sumpah nyesel karena nggak beli. Pas di Jakarta harganya lebih mahal dan udah nggak ada stok :((

    *mulai nafsu beli-beli* hahahaaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...di Jakarta emang mahiiil atuuh neng. Coba cek aja di swatch.store.com. Codenya apa. Kl ada di US website biasanya disini ada.

      Delete