Skip to main content

Peanut Butter Cookies Keto


Ini resep cemilan keto paling gampang yang biasanya saya buat tanpa resep. Jadi biasanya hanya mengira-ngira saja. Resep aslinya sih bener-bener cuma 3 bahan loh, dan perbandingannya kira-kira 2:1 untuk selai kacang dengan gulanya.

Tapi lama-lama saya mengurangi gulanya. Kenapa? Karena saya memakai gula campuran antara erythritol dan stevia yang rasanya kalau kebanyakan jadi kayak mint. Sensasi dingin gitu, enak sih, tapi kemanisan dan gulanya kan mahaal. Sayang aah.

Terus saya coba pakein vanilla, eh rasanya jadi beda, lebih enak twistnya.
Size telor juga ternyata berpengaruh ke komposisi bahan loh. Saya lebih suka pakai telor ukuran kecil atau medium. Kalau dapat telor besar (lebih dari 70 gram), tambahkan sedikit, kira-kira 5-10 gram selai dari ukuran yang saya kasih ya.

Terakhir tentunya karena udah kenal xanthan gum, kayaknya jarang saya bake keto food tanpa dia. Tapi jangan terlalu banyak yaa... Pernah karena kebanyakan jadi agak keras, ga crunchy gituu.



Kue Selai Kacang
(Simple Peanut Butter Cookies)

Bahan:
225 gram selai kacang (minimal ingredient 80% kacang)
75 gram gula stevia - erythritol (jangan hanya stevia saja karena rasanya agak pahit)
1 butir telur medium size (kira2 50-60gram) - kocok lepas
1 sdt vanilla ekstrak
1 gram xanthan gum


Cara membuat:
- Panaskan oven 180der C
- Aduk dengan sendok selai kacang dan gula sampai tercampur
- Masukkan kocokan telor dan vanila, aduk rata
- Terakhir aduk rata xanthan gum sampai adonan kalis
- Bentuk bola-bola kecil (10-11 gram utk ukuran kecil, 13-15gram ukuran medium)
- Tekan dengan garpu sampai membentuk kotak
- Panggang 10-12 menit, keluarkan dari api lalu diamkan di atas loyang sekitar 5-10 menit, kemudian pindahkan ke rak pendingin.
- Simpan dalam wadah kedap udara. 



Comments