Skip to main content

Penggalan Cerita Ramadhan

Ramadhan udah lewat aja. Sayang, ga bisa ikutan umroh or tarawehan di Haram saking penuhnya. Ga berani aja. Wong kata hubby, mau berdiri aja susah.

But this is my first Ramadhan in Saudi after 2 years of living here. Sebelumnya selalu pas lagi mudik. Jadi pas kemaren balik dari Jakarta, agak jetlag juga dengan suasana disini dan juga jam-jam buka toko. Kalau inget postingan lama soal Arabian nights (klik aja kalau mau baca), well, di bulan Ramadhan, jamnya bergeser dikit, hehehe...

Hari pertama pulang, masih jetlag. Untung hubby masuk kantor lebih siang, jam 10AM. Jadi masih ok deh, bangun jam 9.30an, toh ga perlu sarapan lagi. Malamnya, masih jetlag. Padahal stock makanan udah abis. Kulkas n lemari kosong. Tapi karena masih capek, kita ketiduran, n baru kebangun jam 11pm kurang!!! Walah, pikirku, ini mah kalau kita sampe sana, supermarketnya would be closing in about an hour or so. Yah karena butuh, buru2 deh kita lari ke Geant hypermart di Azis Mall yang cuma 10-minute drive.



Sampe sana, bukannya lapangan parkir kosong yang kita temui, tapi well-packed lot yang untuk cari vacancy aja harus muter2 dulu. Pas masuk mallnya, berasa dreamy banget. Habis selain baru bangun tidur, kok ni tempat rame banget kayak pasar. Sooo many people. Liat jam (yang kayaknya udah dibalikin ke waktu Jeddah deh), iya bener, hampir jam 12, waktunya Cinderella pulang. Tapi Cinderella Arab taunya baru pada bangun.

Masih agak2 teler, tau2 ketemu rombongan muttawa (vice police) negor, "Cover your head, this is Saudi Arabia". Ga ngeh juga mereka ngomong ke sapa. Taunya ke arahku. Padahal ada juga yang ga pake kerudung. Aku pikir mungkin karena Ramadhan, jadi disuruh pake kerudung. Jadi selama Ramadhan kemaren, kalau jalan2 ke public places, pake jilbab deh. Thank God for Indonesian type of jilbab yang cuma tinggal cemplung aja. Lagian juga kemaren kan beli jilbab baru, hehehe... Emang disuruh dipake kali, pamer dikit :p

Sementara kalo siang, kayaknya hampir ga ada toko buka, kecuali supermarket. Apalagi restoran. Resto baru buka jam 6pm, saat mau iftar. Padahal biasanya kalau pas adzan, all businesses are close. Banyak juga resto and hotel yang nawarin paket buffet iftar. Wah cocok untuk kita nih! Yang ga puasa lagi gembul, yang puasa emang demennya makan banyak. Jadi pas mau wiken, biasanya aku mulai search di webnya Jeddahfood untuk buffet yang ga terlalu mahal. Lumayan, ada beberapa tempat yang offeringnya under 100SR p.p. Lucu juga liat orang pada rebutan untuk ambil makan banyak-banyak sebelum adzan. Lalu pas adzan, baru deh ga ada orang di buffet tablenya.

Jadi selama magrib sampe sesudah isya/taraweh, jalanan kosong, toko-toko tutup. Buka lagi biasanya jam 21.00 or 21.30. No macet deh. Tapi jangan sampe lewat jam 22.00 untuk keluar rumah. Di atas jam segitu, jalanan kembali dipenuhi mobil. Dan bisa macet sampe lama aja. Sempat iseng ke Balad saat jam mobil menunjukkan pukul 11lewat. Rasain! Cuma muter di luarnya aja udah abis 45 menitan. Suatu kali, my hubby baru balik umroh jam 12am dari Mekkah. Jarak yang biasanya ditempuh dalam waktu 45 menit sampai 1 jam, harus dijalanin hampir 2 jam, karena saat masuk Jeddah, doi kena macet hampir 1 jam lamanya.

Kalau di Mekkahnya sih jangan tanya. Setiap malam kalau liat acara tarawih di Saudi1 tv, kayaknya ga pernah ada empty spot di dalam Haram. Bahkan sampe ke lantai 3 and di pekarangan Baitullah. Waktu kesana lagi, hubbyku sampe solat magribnya di dalam mall Zam-zam, karena safnya udah sampe masuk sana. Walah, udah kayak pas hajian aja. Padahal dia udah berangkat pas abis ashar. Pas pulang, karena orang ngejar tahajud lailatul qadr, mobil yang diparkir di Kudai (an extensive parking lot just outside Makkah), udah diparkir kayak orang naruh sepatu di luar masjid. Not only double or triple parking, tapi udah tumpuk menumpuk, sampai perlu 1jam untuk keluar dari sana. Seorang kolega hubby yang ikutan itikaf katanya baru keluar dari Kudai jam 5am. Halah.

Sayang juga nih, moga-moga insya Allah, tahun depan kalau ada umur, mau ikutan ramenya umroh Ramadhan juga. Tapi mungkin beraninya pas minggu2 awal kali ya. Walaupun saat itu juga udah penuh, menurut cerita seorang teman. Yah, let's just see. Amiin.

Comments

  1. Lha, jadi orang sana ngga Ngabuburit nungguin buka ya Vic, tapi nungguin Sahur.... Alamak.

    ReplyDelete
  2. Eh iya, baru nyadar jg gw. Itu orang pada ngabuburit kali ye. Lagian ga sedikit resto/hotel yg seve buffet sahur...:p

    ReplyDelete
  3. Sugeng Siang mbak,

    Saya awal November 2008 akan bekerja di Al Khobar (atau Riyadh ?? Belum jelas juga). Aku boleh tahu alamat email mbak agar aku bisa menghubungi mbak bila aku ada pertanyaan.

    Terima kasih mbak.

    Teddy
    teddy.bimo@yahoo.co.id

    ReplyDelete

Post a Comment