October 9, 2010

Kroket ala Cempaka

Pokoknya emang deh kebanyakan resep yang aku pakai di rumah, adalah hasil kreasi Cempaka Katering yang notabene adalah punya mamiku. Untungnya jadi anak bakul nasi adalah bisa belajar simple tricks bikin makanan yang bisa buat makanan lebih enak tanpa suatu bahan, atau jadi cantik bentuknya.

Dan daripada harus nanya mulu kalau lupa suatu resep, mending ditaro aja di blog. Jadi kalau perlu, bisa langsung kabur kesini :p.



KROKET KEJU

Bahan:
1 gelas kaldu ayam
200 gr tepung terigu
150 ml susu cair
100 gr mentega
1 butir kecil bw bombay, cincang halus
3-4 bungkus triangle cream cheese
100 gram keju cheddar parut
bumbu: garam, gula, lada secukupnya
100 gram keju cheddar potong tipis memanjang (untuk isian)
1 butir telor ayam pisahkan kuning dan putih
tepung roti

Cara membuat:
- Tumis bawang bombay dengan mentega sampai harum
- Kecilkan api (medium heat) , masukkan sedikit2 tepung terigu, setelah tercampur semua, masukkan sedikit2 kaldu ayam. Kecilkan api (low heat) lalu masukkan susu cari. Aduk sampai rata. Masukkan bumbu sesuai selera.

- Masukkan satu per satu cream cheese sampai tercampur rata. Bila adonan terlalu berat, bisa diturunkan dari kompor untuk menguleni. Lalu masukan keju parut.

- Kembalikan ke kompor api kecil sebentar, untuk melelehkan semua keju. (Bila suka, bisa dimasukkan telur kuning pada fase ini)

- Angkat. Siapkan adonan lem. Kocok putih telur dgn sedikit air (2-3 sndk makan). Siapkan pula tepung roti untuk panir.

-Setelah adonan hangat (bisa dipegang untuk dibentuk), ambil segenggaman kecil (ukuran sesuai selera) lalu bentuk  lonjong pipih. Masukkan di tiap adonan, satu batang keju potong. Lalu tutup dan bentuk lonjong gemuk.

-Masukkan ke dalam larutan putih telor, angkat lalu gulung/campurkan di tepung terigu.

-Siap digoreng dalam minyak panas. Goreng sampai kuning keemasan, siap dimakan yummm....

(kalo udah ada fotonya, nanti diupload deh :p)

No comments:

Post a Comment