May 2, 2012

The Yummiest Chocolate (cup)Cake

Dari dulu pengen banget bikin kue coklat sendiri yang uenaaak. Yang chocolatey, lembut en ringan. Sukur-sukur kalo bisa mirip2 Helen's chocolate cupcake or Dudok's truffel cake...Akhirnya berkelana lah dari satu resep ke resep lain. Resep simple ala Ready Steady Cook, dibilang simple tapi mbacanya aja dah bikin pusing :p. Resep si cantik Nigella Lawson, anyep. Cuma coatingnya aja yang oke, tapi cakenya ga banget. Terus coba di allrecipe.com. Karena lagi pengen banget, sementara ga punya telor dicobalah resep Eggless Recipenya. Cukup enak tapi tetep ada yang kurang. Akhirnya kembali browsing allrecipe.

Nigella's Recipe. Frostingnya enak


Eh dapat nih resep Chocolate cake keren banget. Uenaak. Udah mirip-mirip Helen's. Chocolatey, moist, soft and fluffy. Pokoknya cocok di lidahku. Mana gampang pula buatnya. Coba aja deh, cuma aku agak modifikasi sedikit ajaah. Bisa dipakai buat cupcake seperti yang aku coba ini (dalam seminggu sampai buat dua kali gara-gara si mas minta lagi). Bisa juga buat cake. Rencananya buat aku bikin pas anniversary nanti. Sama sekalian nyoba bikin si rainbow cake yang katanya ngetop ituh. Tapi sayangnya kuenya ga bisa naik nih. Gapapa deh, kan abis itu diatasnya ditaro hiasan2 sesuka hati hehehe...

Yummy Lowfat Cupcake

Yummy Chocolate Cake

Bahan
165 gr tepung terigu
1/4 st baking soda
2 st baking powder
70 gr cocoa powder
1/8 st garam
50 gr butter
200 gr gula pasir putih
2 telur
1 sdt vanila bubuk 
75 ml cream cair (bisa whipping cream/slagroom atau cooking cream/)
100 ml susu cair non fat

Cara membuat

1. Sebelum mulai, pastikan butter dan telur berada dalam suhu kamar. Kalau dari dalam kulkas diamkan dulu kira2 30 menit. Adonan yang dikocok dengan telor dingin akan jadi menggumpal.

2. Panaskan oven 175 derajat. Siapkan loyang cupcake dengan paper cupnya. 

3. Ayak bareng2 tepung, baking powder, baking soda, cocoa dan garam. Atau masukkan ke dalam box 
plastik dan kocok2 sampai campuran tepungnya rata. (Akal2anku aja karena ga punya ayakan :p). Sisihkan. Campur susu dengan cream cair, sisihkan  

4. Kocok dengan mixer high speed, butter dan gula sampai tercampur rata berwarna kuning pucat atau putih. Masukkan telor satu persatu. Pastikan telor tercampur rata baru masukkan telor berikutnya, sehingga adonan creamy dan fluffy. Lalu masukkan vanilla bubuk.

5. Masih dengan high speed, masukkan campuran tepung bergantian dengan campuran susu dan cream cair. Dimulai dan diakhiri dengan tepung dan ganti kecepatan ke medium speed saat terakhir.
Jadi urutanku, tepung, susu, tepung, susu, lalu ganti ke medium speed, baru masukkan tepung terakhir. Kocok dengan medium speed beberapa saat sampai semuanya tercampur. 

6. Masukkan adonan ke paper cup, isi separuh penuh.  Bakar 15-17 menit di oven yang sudah panas, atau tes dengan menusukkan tusuk gigi/batang sate ke cake. Kalau sudah kering, berarti sudah matang.

7. Hias setelah dingin sesukanya. Bisa dengan frosting atau fondant atau meringue. 

Selamat mencoba.

p.s. Ini kayaknya si mas doyan bukan cuma cakenya yang enak (sekali makan 3-4 buah), tapi karena dia seneng ngehias bentuk2 pake buttercream hihihi...

p.s. Kalau mau dijadikan cake, sediakan sebelumnya loyang 7x11 inch atau 22cm square, olesi  dengan mentega, alasi dengan kertas kue yg dioles mentega secukupnya. 

4 comments:

  1. Hmmm...yummy!Coklaaaat! Jadi bernafsu utk nyicipin cake ala mbak ini deeeeh!

    Ugh, sayang, aku gak punya oven T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo May, dicoba hehehe... Aku juga baru bisa make ovennya tahun lalu. Setelah itu, akhirnya oven selalu ngebul. Keinginan terpendam bisa disalurkan hahahah

      Delete
  2. Mas yang gede apa yang kecil Vic ? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg kecil laah tanteeeh... Yg gede mah tinggsl makan aja, ga mau bikin icingnya

      Delete