December 22, 2012

Hot Pizza Margherita dalam Sekejap

Pizza Topping Combo
Setelah dapat resep roti buat pizza ini dari allrecipes.com, ga pernah pindah ke resep lain. Udah cara buatnya gampang en cepet, hasilnya pun enak dan empuk. Jadi kalo mau cari pizza yang thin n crispy bukan pake yang ini ya. Selain itu, resepnya akhirnya aku jadikan basic buat berbagai macam   roti dengan di modifikasi.

Sebenernya untuk saus bisa apa saja, terserah anda ;). Tapi masak kasih resep pizza separo-separo. Jadi sekalian aja ya, pake saus Margherita, karena anak2 cuma suka yang ini. Oya, katanya sebenernya pizza Margherita itu isinya basil, bukan oregano. Tapi kok rasanya tanpa oregano kok kurang nendang, jadi namanya margherita mutan niih hehehe. Nah, Rika, utang gue untuk share resep roti pizza lunas yaaa...

RESEP PIZZA MARGHERITA

PIZZA DOUGH

Bahan:

2 sendok teh (1 sachet) dry active yeast (ragi kering aktif)
1 sendok teh gula pasir
240 ml air hangat 
2 sendok makan extra virgin olive oil (kalau tidak ada, bisa pakai minyak goreng lain sperti sunflower atau vegetable)
300 gram tepung serbaguna (all purpose) atau 340 gram tepung roti (bread flour/cakra)
1 sendok teh garam


Cara membuat:

1. Aduk rata ragi, gula dan separuh takaran air hangat. Diamkan selama kira-kira 10-15 menit
2. Aduk rata tepung dan garam. Sisihkan dan siapkan saus pizza (resep di bawah)
3. Setelah 10 menit, ragi akan berbuih tanda siap dipakai. 
4. Masukkan tepung sedikit demi sedikit lalu aduk dengan sendok kayu, disela dengan olive oil dan sisa air hangat sedikit sedikit sampai rata. Bentuk bulat. Tidak perlu sampai kalis.
5. Diamkan selama 5 menit. Jangan lebih lama dari 15 menit, karena roti akan menjadi terlalu empuk untuk menjadi pizza crust. 
6. Panaskan oven dengan suhu 220der celcius
5. Pindahkan adonan ke meja yang telah dialasi tepung sedikit, lalu uleni sebentar agar bisa digiling sesuai wadah pizza. Tidak mengapa bila masih berasa lengket.
6. Pindahkan ke wadah pizza dan oleskan dengan saus pizza dan topping favorit. 
7. Bakar selama kira2 10-15 menit, atau sampai mozzarella sudah agak terbakar sedikit.
8. Potong sesuai selera dan siap disajikan panas-panas.

 * Contoh yang di foto kejunya selalu kegosongan. Jadi crispy banget kejunya. Kalau mau yang soft  and melting, bakar sampai keliatan ada titik-titik hitam sedikit saja di kejunya.

Ragi yang sudah jadi. Yang putih itu busanya

Tomato Sauce

Bahan

1 kaleng whole peeled tomato (enak pakai yang tomot pomodoro yang bentuknya lonjong)
4 sendok makan olive oil
2 butir bawang putih, haluskan
2 sdk teh oregano kering (atau sesuai selera)
2 sdk teh basil atau Italian mix spice kering (ukuran sesuai selera)
2 batang daun oregano segar bila ada (buang batang, iris tipis)
gula garam lada sesuai selera
sejumput baking soda

Cara Membuat

1. Hancurkan tomat dengan tangan, buang bijinya bila tdk suka (pakai blender atau garpu juga bisa sih kalau tidak mau tangan kotor. Dengan tangan aku bisa merasakan sampai sehalus atau sekasar apa tomat yang aku inginkan)
2. Tumis dengan api sedang, bw putih dengan 2 sdk makan olive oil sampai harum
3. Masukkan daun oregano iris atau oregano kering dan basil atau mix spice dan tumis sampai layu
4. Masukkan tomat dan jusnya ke dalam tumisan lalu aduk sampai rata. Tambahkan baking soda. (baking soda ini untuk mengurangi keasaman jus tomat)
5. Tambahkan sisa olive oil. (Untuk olive oil, aku tidak pernah pakai takaran sebenernya. Yang penting tidak kering jadinya)
6. Tambahkan gula garam lada sesuai selera dan biarkan mendidih, lalu kecilkan api dan diamkan sampai kira2 10 menit. 
7. Matikan api, sisihkan. Dapat disimpan dalam kulkas sampai dengan 5 hari.



8 comments:

  1. Ada bedanya gak ya Vic kalo pake all purpose sama bread flour?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake bread flour (high protein) lebih mantap. Bisa lbh crispy Rik dan gampang nguleninnya. Kl pake all purpose (mix gluten lower protein), jdnya empuk bgt. Tapi karena cakra yg dari indo abis, ya pake all purpose mulu.

      Delete
  2. kok bentuk'a jadi kaya martabak ya mba ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahah...yang foto terakhir ya. Iya abisnya baker ga modal saya, mas. Pake loyang apa adanya. Nekad pake loyang panjang, karena pernah disuguhin an Italian friend, dia bikin pizza pake loyang rectangle aja, ga perlu pake yg circle :p

      Delete
  3. Wah, ini bakalan aku coba nih! Aku suka bingung sih klo liat allrecipes.com, gak ngerti istilah bahan2nya, asli nyerah sebelum masak hahaha...makasih banget loh mbak udah di-translate-kan sekaligus tips2nya...Pizza homemade i'll cooking!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama Mayya... terus terang utk roti belum pernah gagal alhamdulillaah, tp mozzarellanya selalu kelamaan jd crispy muluuu...hihihi....

      Delete
  4. wah,ga perlu didiemin ya mbak? yang selama ini aku coba harus didiemin meski ga perlu diuleni. hmmmm,,kpn2 coba ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diemin sebentar aja sih, mak. Pas nungguin ragi jadi 10 menit, nungguin roti ngembang 5 menti. Biasanya kalau mau ta jadiin roti, misal cinnamon bun, ta biarin aja 15-20 menit jadi ngembang n empuk banget.

      Delete