Skip to main content

Salah Kaprah Pembeda Tas Ori dengan Tas KW - A Seller's Note


Ready to be shipped
"Sis, ini kok Coach saya made in China. Seperti beli di Mangga Dua. Ini KW ya"

Demikian complain seorang customer via bbm. Walaah, saya minta dia memfotokan isi tasnya. Panik saya, saat foto-foto pertama menunjukkan ada tag putih kain bertuliskan "Made in China, CHINE". Walaupun saya tahu Chine itu adalah bahasa Prancis dari China, tapi setahu saya, di tas Coach tidak ada tag seperti itu. Apalagi kemudian di foto berikutnya lining (kain dalam) tidak menunjukkan authenticity stamp creed dari kulit khas Coach. Saya pun meneruskan komplain ke stockist US bags saya. Ealaah dibilangnya ga semua Coach ada stampnya. Nope. I am pretty sure that all Coach bags after 1990s ada stampnya kecuali untuk barang-barang yang kecil, seperti dompet, clutch, wristlet, atau crossbody yang kecil.


tag yang bikin pusing

Akhirnya saya foto creed stamp dari tas yang ada dan mengirimkannya ke customer untuk menanyakan ada ga yang seperti ini. Ealaah ternyata ada, tapi tadi dia ga fotoin karena katanya yang dia cari tulisan merek di dalam lining. Masih ga ngeh juga saya, apaan itu tulisan dalam lining. Ternyata maksudnya signature. WAduuuh buuu.... Lega deh saya. Saya lalu bilang ke stockist, ternyata ada kok stamp creednya. Jadi biar saya urus sendiri saja ibu yang satu ini.


Eh, ternyata ada kok stampnya. Ini baru asli
Seperti juga yang ini, asli juga
Saya jelaskan bahwa untuk model tersebut memang tidak ada signaturenya dalam lining. Dan tag putih "Made in China" itu ada karena di stampnya tidak ada tulisan handcrafted di negara mana. Kalau ragu silahkan cek saja di google no seri yang ada di creed stampnya. Kalau cocok berarti asli. Eh masih ngotot katanya nomor seri bisa dipalsukan. Akhirnya saya tulis, kalau masih ragu juga, silahkan datangi Coach counter terdekat untuk dicek langsung keaslian tasnya oleh pramuniaga.

Ternyata, dia mengaku temannya di arisan sosialita menuduh tasnya tersebut KW beli di Mangga Dua karena di dalamnya tidak ada signaturenya Coach. Kadung malu, jadi yah dikomplain lah sayah. Eheeem....

Baiklah kalau demikian. Sepertinya saya memang perlu membuat note buat customer and reseller education nih. Dulu sekali waktu di Jeddah saya bawa sekardus Coach, saya kirimkan juga kepada teman-teman saya link tentang bagaimana cara membedakan Coach asli dan replika. Jadi saat mereka membeli pun, mereka bisa membedakan sendiri tanpa saya harus koar-koar "Ini barang ori looh".


Berikut note dari saya tentang salah kaprah tas original yang berlaku hampir universal untuk berbagai brand. Moga-moga bisa bermanfaat bagi yang memang mau membeli tas otentik atau menjadi reseller tas original.

1. Kualitas kasat mata

Semua brand ternama mempunyai kualitas yang terlihat jelas. Bisa dibilang, ada harga ada barang. Walaupun tas terbuat dari PVC seperti Candy Bag Furla, tetapi akan langsung terlihat apakah tasnya asli atau tidak. Untuk tas Longchamp Le Pliage Nylon, lihat di bagian pegangan dan penutupnya yang dari kulit asli. Tas kulit cenderung lebih susah untuk dipalsukan karena akan langsung terlihat kualitasnya. Jadi kebanyakan yang dipalsukan adalah tas berbahan nylon (seperti Longchamp Le Pliage), kanvas (berbagai model Gucci dan Louis Vuitton kanvas), plastik  atau PVC seperti Furla. Walau tidak tertutup kemungkinan tas kulit juga banyak dipalsukan seperti Hermes, Gucci, Dior, Chanel, LV Cuir dsb.

Longchamp Le Pliage Customized (bisa pilih warna dan dikasih nama)
Selain bahan tas perlu dilihat juga kualitas aksesoris yang melekat di tas tersebut, seperti misal metalnya, jahitannya, tulisan logonya, lining-nya (kain bagian dalam) bahkan sampai dustbag-nya (kain kantong pembungkus tas).
 
Misalnya metalnya biasanya berat dan beraturan bentuknya serta cetakan yang tertera juga tidak asal terembos. Lining (seperti yang diprotes customer saya tadi) juga diperhatikan dari webshop resmi. Misal Gucci yang sebelumya mempunyai lining kain satin bertuliskan Gucci, sekarang ini mempunyai lining kain katun putih yang menurut saya seperti karung goni hehehe.... Lalu untuk LV bisa dilihat di websitenya sampai ke bagian dalam, di zoom pula. Dicocokin deh, benar atau tidak LV yang mau dibeli di olshop itu asli atau tidak.   

Searah jarum jam dr kiri atas: LV lining dan label, Gucci lining old model dan label
Burberry tag Made in China, Coach Label Tag


Otentisitas tidak bisa dinilai dari yang katanya sertifikat. Belum pernah saya melihat LV mengeluarkan sertifikat original. Paling yang ada bon pembelian, atau kartu cara perawatan (Care Card). Kalau tidak yakin, tanyakan pada seller, bisa tidak minta bon-nya atau paling tidak foto bon-nya. Untuk pembelian tas high end, biasanya seller menyimpan bon pembelian tersebut.

Saya pun belajar dari pengalaman dan tulisan di blog fashion plus keluar masuk butik meskipun hanya untuk cek harga dan melihat barang baru. Lama kelamaan barulah bisa membedakan apakah barang tersebut original atau replika.

Ilmu saya kebanyakan didapat hasil dari ngendon di PurseBlog/Purseforum, tapi selain itu ada beberapa link yang bisa buat belajar membedakan tas replika dan asli.

- How to spot Fake Louis Vuitton
- E-bay guide to spot fake Louis Vuitton 
- E-bay guide to spot fake Gucci
- How to spot fake Coach Bag
- How to spot fake Burberry

dan masih banyak lagi. Yang pasti rajin2 browsing en baca aja. 

2. MADE IN CHINA??? TIDAAAAK!

Ooops jangan panik duluuuu hahaha... Persepsi yang salah dari para newcomer di bisnis tas dan juga pembeli newbie adalah bila tas Made in China, maka tas itu palsu. EEEK! WRONG!

Dengan mahalnya tenaga kerja di AS dan Eropa, maka banyak brand kelas menengah atas mengalihkan produksinya ke negara dengan tenaga kerja lebih murah. Di Eropa sendiri, yang masih 'mampu' menggaji tenaga kerjanya sendiri adalah di Itali, Portugal, Spanyol dan hampir  semua negara Eropa Timur. Maka tak heran banyak tas brand US, seperti Coach, Michael Kors, Tory Burch, Kate Spade, DKNY yang harganya berkisar di bawah 1000 USD (menengah ke atas) yang dibuat di luar AS. Mana pilihan yang murah? Tentunya di Asia yang banyak penduduknya. Tempat-tempat tersebut adalah China (Coach, MK), Vietnam (KS), dan tentunya negeri tercintah kita Indonesia (MK, KS, DKNY). Makanya jangan salah, produk Indonesia itu diakui di dunia internasional looh. Baca lagi deh tulisan ACI-ku ini.

Terus tas brand Eropa ada ga yang dibuat di luar Eropa? Ada kok. Burberry Nova check dibuat di China loh. Beneran kaget saya waktu menemukan di tas Burberry kok Made in China. Langsung saya ill feel dan googling di internet. Ternyata memang benar, Burberry made in China untuk model tertentu. Checker khas Burberry yang miring (Nova dan Smoke) dan line terbaru Canvas check itu yang buatan China. Tapi bedakan ya dengan yang asli. Yang asli tulisan made in China-nya ditulis di tag kulit yang sewarna dengan warna tas atau dengan kain tebal warna hitam. Jadi bukan dari kain putih biasa. Aaah, tenang saya. Lagian masak di butik Burberrynya sendiri jualnya palsu? Ga mungkin dong.

Burberry Nova Check
Burberry ini juga sebenarnya sudah tidak Made in UK lagi. Dia sudah memindahkan produksi tasnya ke Italy yang lebih murah. Tapi tentunya tak semurah di China. Model House Check dan Haymarket yang kotak-kotaknya lurus menjadi lebih mahal karena mereka masih made in Italy.

Longchamp yang merek Prancis untuk new entry ke tas branded juga kebanyakan dibuat di China terutama untuk line Longchamp Le Pliage Nylon yang jadi tas sejuta umat. Selain China, Lc juga mempunyai produksi di Maroko, Portugal dan Spanyol juga Tunisia (update: ada juga sekarang Romania). Tetapi untuk tas model baru, tas limited edition atau tas kulit seperti Le Pliage Cuir dan Le Pliage Customized kesemuanya masih buatan Prancis. 


Model baru dari Line Planetes juga masih buatan Prancis

Sementara tas kelas high-end masih cinta buatan dalam negeri sendiri. Jadi brand Prancis seperti Louis Vuitton, Chanel, Dior, Hermes, Goyard, Celine, Saint Laurent, Balenciaga dkk, masih Made in FRANCE, bukan Made in PARIS ya. Sekedar catatan untuk LV ada juga yang dibuat di Jerman, AS dan Italy, dan bisa dibedakan dari nomor serinya. More info bisa dicek di Purseforum LV Library ini. Juga untuk Celine. Ternyata ada beberapa model yang 'murah'nya dibuat di China. Kebetulan gara-gara ill feel sama Burberry Nova, setiap saya mau beli tas, saya cek dalamnya, buatan mana niii :p.

Dan tentunya barisan merek Italy akan tetap stick ke buatan negeri sendiri, wong merek lain juga larinya ke negara mereka. Jadi Prada, Gucci, Tods, Ferragamo, Furla, Fendi, Bottega, D&G dll.tentunya masih kukuh menjaga tradisinya di negara spageti ini. Tapi belakangan Valentino juga ikutan barisan "Made in China" loh walaupun hanya sebagian. Yah kok mbelot maas :p

Jadi kalau nemu tas branded made in China, Indonesia dkk, jangan kebakaran jenggot dulu. Cek di website resminya, benarkah mereka mengeluarkan model tas tersebut, dan dibuat dimana. Di website Burberry, bila tidak dibuat di Italy, di keterangan produk akan ditulis Imported. Sementara Michael Kors menulis langsung negaranya (Made in Indonesia, misalnya. *update: sekarang ternyata juga cuma ditulis Imported).

Untuk Longchamp, tagnya terbuat dari plastik transparan yang keras. Jadi kalau dari kain atau dari plastik lemas, kemungkinan palsu. (Update 28112014: dan ada juga tanda2 fake lain sehubungan dengan tag Longchamp, tapi ga direveal semua ya.)


3. Produk Factory Outlet

Walaupun fenomena Premium Factory Outlet baru menjamur di 2 dekade terakhir ini, tetapi sebenarnya Factory outlet atau biasa disingkat FO sudah ada sejak zaman rikiplik. Zaman sekarang FO premium biasanya berupa tempat menyerupai mall yang berisikan toko-toko berbagai merek terkenal yang menjual barang-barang lama atau last season yang sudah tidak dijual di butiknya lagi. Atau ada juga barang-barang yang sudah defect sedikit menurut standard mereka. Jadi bukan berarti barang dari FO adalah barang KW atau replika ya. Mereka adalah tetap official store dari brand yang diusung.

Sementara sebelumnya FO adalah sebuah tempat yang biasanya tidak jauh atau bahkan menempel di pabriknya yang merupakan tempat menjual barang yang tidak memenuhi kualitas standard mereka tersebut. Yang masih memegang tradisi ini adalah merek Bally dengan pabriknya di Aarau, Swiss, Bruno Magli di Bologna, Italy, dan Braun Buffel, Boss dan Aigner di Jerman. Di Aarau, selain barang old fashioned dijual juga barang defect yang sebenarnya tidak terlalu kasat mata.

Wertheim Village FO

Bally FO, Aarau

Dengan menurunnya kemampuan belanja di AS dan Eropa, menjamurlah PFO ini. Di Eropa sendiri, ada jaringan Chic Village yang mallnya cantik-cantik lucu dan memajang vendor seperti Burberry, Longchamp, Bally, Diesel, Hugo Boss, Aigner, Furla dan banyak lagi brand Eropa lainnya. Akhir-akhir ini, Coach dan Michael Kors yang lagi naik daun mulai memasuki Chic Village di Wertheim, Jerman, dan Val d'Europe, Prancis. Selain chain Chic Village, di Belanda juga ada Roermond yang punya MK, Furla, Gucci, Prada dan Mulberry dkk, di Florence Italy ada PFO khusus Prada, Ferragamo, Gucci, Tods, Fendi dll, plus Zweibrucken di Jerman. Sekedar catatan, di Jerman merupakan negara yang mempunyai FO terbanyak di Eropa yang tersebar di berbagai tempat, baik berupa Mall FO, maupun FO pabrik. Diskonnya bervariasi mulai dari 20-50 persen. Kalau sedang musim sale, harga FO ini masih didiskon lagi. Saatnya nyetok ini maaah...


Tetapi hati-hati, ada beberapa merek yang tidak mempunyai FO yaitu Louis Vuitton, Goyard, Hermes dan Dior. Kalau tidak salah (saya belum pernah ke AS), di PFO di California ada outlet Chanel, namun karena saya belum pernah kesana saya tidak bisa merekomendasi merek Chanel di FO. Khusus Chanel, tasnya sendiri tidak pernah sale seperti juga LV dan Hermes. Bila kebetulan lewat Rue Cambon dan ada tulisan Sale di jendela Chanel, jangan girang dulu karena yang di obral ternyata cuma sepatu dan gaun, itu pun tertentu banget.

4. Designer's Inspired is not Designer's Bag

Bila ada yang menulis bahwa tas yang dijualnya adalah Designer's inspired, biasanya tas tersebut merupakan replika dari aslinya. Bisa berupa KW (asli tapi palsu) bisa juga memang modelnya sama tapi mereknya lain. Kalau dibilang autentik memang kita harus hati-hati, dan minta gambar asli dari barangnya bila penjualnya tidak kita kenal. Kalau sudah dibilang tasnya KW super, yah memang ga perlu ditanya lagi lah ini asli apa bukan :). Jangan sampai tas KW dibeli dengan harga tas asli dong.

Terus kenapa tas asli di olshop bisa lebih murah dari butiknya di Jakarta, Indonesia? Ya karena kami (stockist atau seller otentik products) biasanya hunting di FO itu atau pas lagi sale. Dan di butik pun bila di negara aslinya harganya tentu lebih murah. Tidak usah jauh-jauh ke Indonesia. Harga LV di Paris lebih murah daripada di Amsterdam. Jadi seringkali suggestions saya ke teman-teman yang nanya adalah beli barang di negara asalnya. Tetapi untuk Longchamp, harga di seluruh kawasan Euro sih sama aja. Jadi ga perlu capek-capek weekenan di Paris buat cari Longchamp doang. (update 28112014: habis buka PO dan baru kepentok kenyataan kl harga di Belanda n Jerman buat Longchamp selain Le Pliage Toile/Nylon lebih mahal dari Prancis. Alhamdulillaah, banyak buyer yang mau ngerti *curcol* )
*Update 03012022- Semua harga barang branded sama di masing2 cabang Eropa dgn mata uang Euro, kecuali Goyard.

5. Beli di Trusted/Recommended Seller

Walaupun teman namanya juga bisnis, kadang-kadang bisa dikadalin juga toh. Makanya hati-hati. Liat track record, atau tanya pada yang sudah pernah beli pada seller ini. Bagi saya, berjualan barang ori adalah berjualan nama. Sekali salah barang yang diberikan stockist adalah palsu, maka nama bisa tercoreng. Makanya juga pegang stockist yang terpercaya. Kalau mau lebih percaya sih ya beli sendiri.

Buka sedikit rahasia warung. Untuk US branded bags, saya punya beberapa channel stockist dan masih membuka lowongan kalau ada yang berminat jadi supplier saya. Untuk European branded bags, saya pakai sistem PREORDER dan By Request bukan ready stock. Jadi saat dekat-dekat mau mudik, atau lagi ada yang mau ke Jakarta, baru saya buka PO. Dan walau saya ga buka PO produk tertentu, terkadang beberapa pelanggan request barang seperti ini dan itu. Walaupun tidak saya sodorkan katalognya, mereka mencari sendiri maunya seperti ini atau kode serinya segini. Dulu waktu di Jeddah sih enak, karena bukan residence EU, bisa dapet refund. Sekarang ga bisa lagi deh, yah yang penting masih ada untung buat makan mie GM heheheh

***

Kayaknya cukup ya. Walaupun cuma lima point, tapi seperti itu tiga hal yang sering ditanyakan ke saya terutama pertanyaan no 2. Dan 3 point itu juga penjelasannya panjang juga buat saya yang udah lama ga nulis ini. Kalau misalnya ada yang ingin ditanyakan silahkan, kolom komentar terbuka, walaupun mungkin agak lama balasnya.

Eh iya, disclaimer nih. Saya bukan fashionista loh. Jadi ga ngerti padu padan bagusnya ini sama apa. Cuma bag lover aja yang senang tas original, mau murah seperti Elisabeth Bandung atau mahal kayak LV yang penting asli (dan bisa diperjualbelikan hihihi).

*** update : Saya bukan authenticator loh. Ilmu fake producer juga  makin bertambah, dan brand company juga berusaha terus memperbaharui ciri2nya supaya tidak dibuat fakenya. Jadi tetap sama-sama belajar seperti di point no 1 saya yuuks.

**Update FO: Dior ada FOnya juga ya di UK
*** Tertarik melihat barang yang saya jual? Maen yuk ke Instagram: @lecarrousel_ps atau per Sep 2021 ganti jadi @lecarrouselnew.  Atau Facebook page Le Carrousel Shop
*** Beberapa barang stock juga ada di Tokopedia Le Carrousel Shop. atau untuk pelunasan barang PO. 

Comments

  1. saya baca2 aja. Soalnya, tas favorit saya adalah ransel hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe sip maak. Makasih ya udah mampir :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Bisa diemail aja Mba Fena. Makasih ya sudah mampir :)

      Delete
    4. Gmnpun juga ga ngerti tas.. apalagi baca penjelasannya tambah puyeeeng.. pdhl pengen jualan tas.

      Delete
    5. Gmnpun juga ga ngerti tas.. apalagi baca penjelasannya tambah puyeeeng.. pdhl pengen jualan tas.

      Delete
    6. Mba, blh minta review coach swagger rainbow ori vs fake ga? kmrn sy bli di ol shop, cmn agak ragu sm kualitas brgnya..

      Delete
    7. Dear mba,mau numpang cari ilmu nih,,mau tanya klo fossil apa sih bedanya palsu atau gak,dan apakah ada fossil yg fake nya ,setau sy klo fossil fake pasti tulisannya fossyl 😊 di tunggu pencerahannha 😊

      Delete
    8. Dear mba,mau numpang cari ilmu nih,,mau tanya klo fossil apa sih bedanya palsu atau gak,dan apakah ada fossil yg fake nya ,setau sy klo fossil fake pasti tulisannya fossyl 😊 di tunggu pencerahannha 😊

      Delete
  2. Btw, klo ada mk selma made in china brarti bs jd asli donk y? Nama ols nya apa mb? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. in syaa Allaah asli mba, kalau memang beli di butik atau reseller olshop.
      Nama OLShop saya di FB: Le Carrouselshop. Silahkan berkunjung. N Makasih shd blogwalk kemari

      Delete
  3. Btw klo bedain tas tory burch gmana mba?kebetulan lagi kepengen pnya itu.untuk hubungi mba vica gmana ya?Many tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Nelly, makasih udah mampir. Kalau aku yg udah fasih baru Coach, LV en Longchamp. Yg lainnya sih nanya2 ke mbah Google spt yg aku tulis di tips no. 1. Maaf ya ga banyak membantu.

      Delete
  4. Mbak Vica... kalau Braun Buffel biasanya langsung keliatan ya fakenya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung yg buat replikanya mungkin mba... hehehe...jaman sekarang gitu loh :(

      Delete
  5. halo mbk sy mau tanya, kemarin saya beliin tas longchamp buat pasangan di benlux paris, tapi sy tidak mendapat bungkusan tas ( seperti gambar di paling atas) apakah tas itu asli ? ( kl saya liat harganya sama dengan yg di Galeries Lafayette. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo juga mas, kalau misal beli di butik/FO/dept.store ataupun authorised seller sih asli lah. Bungkusan hijau itu saya dapat dari pembelian customised Le Pliage di webshop resmi Longchamp, krn yang personalised tidak bisa beli di tokonya, melainkan harus via online. Karena ada pilihan utk gift, ya, saya contreng aja, hehehe.. dapet deh, kemasan yg keren buat customer :). Kalau beli di butiknya, biasanya dapat paper bag hijau, kalau beli di FO atau saat sale season, dptnya brown paper bag.

      Delete
  6. Cara bedain MK mini selma yg asli sm yg KW apa ya mba? Sy kbtulan dpt hadiah dr suami mini selma wrna purple, dpt dustbag dan care card cm paperbagnya kyknya bukan dr Countr MKnya deh krna wrna kuning terang. Aku newbienya MK soalnya jd ga tau. Dpt harga lumayan mahal soalnya beliau mba. Mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba Wahyuni. Biasanya saya nyontek dari website yang saya sebut di atas (point 1) biar yakin. Cuma yg pertama dilihat memang yg di point 1 itu mba, kualitas barngnya seperti apa. Kalau mengenai paperbag bisa aja beda. Kalau kita beli barang di counter mall spt Lafayette, de bijenkorf, printemps, pasti dapat tas (paperbag or plasticbag) "capnya" mereka. Coba dicek selain kualitas, cek di tagnya. Kl ragu, bisa ditanyakan ke counter MK lsg, atau mungkin bisa kirim foto2 gbr ke account saya di Le Carrouselshop FB (VIca Item). Maaf kurang banyak membantu

      Delete
  7. Mbak..nanya donk,apa emang kalo beli tas coach ori d FO gak ada no seri d stamp nya n gak ada dust bag nya ya?saya baru nitip tas sama temen saya yg kebetulan lg di Amrik sono..bgitu liat tulisan mbak saya jadi gak yakin kalo punya saya ori..Mohon pencerahannya ya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba Julianti, memang kalau beli coach di FO di US biasanya tidak mendapat dustbag. Barang2nya pun terkadang memang dikhususkan utk dijual di FO dan tidak dijual di butiknya selain tentunya barang yg sdh out of season. Kalau tasnya kecil spt wristlet, dompet atau model tertentu spt tanner (kalau ga salah), memang tidak ada no serinya sepeti yg tas2 yg lebih besar. Kl ragu mungkin bisa ditanyakan ke temannya ttg receiptnya. Kalau tidak ada foto barang, ya susah juga membayangkan mba hehehe...

      Delete
  8. Mba, betul ga sih kalo harga LV d jeddah itu murah dan beda tipis sama harga di paris? Dibandingkan harga di dubai lbh murah mana? Aku kebetulan ada rencana mo umrah. Makasih ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba Eva. Tergantung mau beli apa mba. Untuk yg barang2 di bawah 1000euro memang beli di Jeddah paling cuma beda 5-8% sama di PAris. Misal spt yg umum kyk neverfull or speedy canvas (bukan yg cuir ya). Tapi kalau udah beli yg lebih mahal dari itu, bedanya bisa di atas 500sar. Lumayan banget itu, bisa dapet longchamp le pliage 1 hehehe...

      Delete
  9. Hi Sis,

    Terima kasih atas ilmu nya.. walaupun saya penjual namun hanya mempunyai pengetahuan dasar tas saja.. artikel ini sangat membantu terutama untuk saya yg sering berhadapan dengan tas setiap hari..


    Regards,

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillaah bila ada manfaatnya. cuma sharing info saja kok sis ;)

      Delete
  10. mba ada instagram atau email yang bisa di hubungi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ga pakai instagram mba. ada Facebook. Le Carrouselshop

      Delete
  11. Sekedar info, fo Dior ada di Bicester village sekitar 1 jam naik KA dr Marylebone st London. Toko2 di fo tsb bagus2 dan ada mushola bagi pengunjung muslim:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah asyiik... makasih infonya. BTW, Village2 gitu namanya, berarti dia di chainnya Chic Village ya Linda? Love their outlets

      Delete
  12. Mbak Vica nanya dong, the best place to buy aigner bag (dengan harga diskon FO) di daerah mana ya? saya februari nanti ada bussines trip ke frankfurt, mau sekalian cari oleh2 buat istri, makasih sebelumnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduuuh maaaf mas, baru buka2 blog, cari catetan resep hehehe.. Di Frankfurt ada Wertheim Village. Di any hotel, bisa tanya ttg shuttle ke sana. Banyak kok. Sekitar 10EURO kalo ga salah. Moga2 belum telat yaa

      Delete
  13. Kakaakk Vicaaa udah aku like lohhh Fanpage Le Carrousel Shop di FB... #eeaaa :D

    ReplyDelete
  14. mampir gan di infostore.co.id, situs yang menyediakan fasilitas iklan produk gratis.

    ReplyDelete
  15. Infonya lengkap banget mba, makasih ya :)

    ReplyDelete
  16. berguna bgt ulasannya.. Thx yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2... alhamdulillaah bila ada manfaatnya :)

      Delete
  17. Mba kalau ingin pesan tas saya comtact kemana ya?thx u

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, bisa ke FB page Le Carrousel Shop atau FB Le Carrousel by-Vica. thanks

      Delete
  18. Nice article~

    Btw mbak, baru-baru ini saya beli produk Nike dan Converse yang ternyata made in Indonesia (sellernya sih terpercaya), itu ngaruh ke kualitasnya ngga ya? Habis ada temen yang ngomong kalau barang brand tp made in Indonesia udah downgrade, padahal waktu di Jepang ada temen yang nemu Nike made in Indonesia juga :(
    Thanks~

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks for coming mba. Kl setahu saya, hampir semua brand sepatu kayak nike adidas converse dll, skrg kebanyakan diproduksinya di asia, spt indonesia, vietnam, thailnad dll. Kualitas ga ngaruh karena yang quality control yang punya brandnya langsung, bkn cuma dr pabriknya. Disini juga Nike made in Indonesia kok.
      Buatan Indonesia malah yang bagus loh, saya inget dulu kl ga salah Nike pernah cabut pabriknya disini krn masalah pelanggaran copyrights (cmiiw), tapi ternyata dia balik lagi kan. Juga rahasia umum kalau tas MK Selma, yang lbh dicari adalah buatan Indo dibanding buatan china.

      Delete
    2. Halo mbak vica , salam kenal, ... Iya utk nike bnyk dibuat di asia.. Waktu msh di jerman (karslruhe), bela2in hunting sale nike ori ehhhh sampe rmh buka box nya made in indonesia... 😝😝

      Delete
  19. Mbak, klo ada yg jual tas Mk, ks, coach dapat carecard, dustbag, paperbag. Itu gmn? Kira" asli? Ada jg burberry, bs dapat receipt dlm HKD & harga rupiahnya lbh murah drpd yg tertera dlm receipt.
    Tas MK nya bs lbh murah drpd website US

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih sudah mampir mba/mas. Satu2 yaa
      1. Kalau saya patokan utama asli atau ga ya itu mba, kualitas kasat mata dan ciri2 khas tagnya. Kl dustbag belum tentu dapat loh. Kalau spt saya beli di FO, suka ga dapet. Tp kl minta ke kasir, kadang dikasih kl lg ga rame. Paperbag apalagi. Kan kalau kita beli banyak, kadang dpt paperbag cuma 1. Jd ga bisa jadi patokan juga. Carecard bisa juga jadi penentu asli ga-nya. Tp kadang ada tas spt longchamp atau fossil yang care cardnya ga ada. Saran saya, liat yg essensial dulu (minta foto jelas dari tasnya atau kl bisa pegang, pegang bahannya dan cek bagian dalamnya) baru dilihat kelengkapan tambahannya
      2. Kl dpt receipt dr luar IDR bisa lbh murah dlm rupiahnya wah itu gimana berhitungnya kurang tau saya. Saya juga ada customer minta receipt, kadang kl sempet saya coret harganya hehehe...Tp kadang enggak dicoret.
      3. Kl tas MK bisa lbh murah dr website US itu mungkin banget. Mungkin sellernya beli di outlet or lagi sale. Ga usah sale pun, harga di FO itu lebih murah dari harga butik/website. Barang di FO pun karena lama, kadang ga muncul lagi di butik atau website.

      Moga2 membantu :)

      Delete
  20. Haii mba mau tanya., saya kan baru beli tas tory burch., katanya sie ori, 100% authentic., tp cma dpt pricetag sama dustbag., kira2 itu ori apa kw ya? Mohon pencerahannya. Thx :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba Deltha, makasih ya udah mampir. Iya mba, patokan aslinya dari barangnya aja dulu mba. Kalau sudah di tangan dilihat saja bagaimana kualitas barangnya. TB itu kulitnya bagus, jadi paling ga kalau dipegang berasa kan. Kl tas kulit memang biasanya dapat dustbag sbg pelindung tasnya, kl price tag bisa dapet bisa ga (hehehe baru kejadian soalnya, saya ga ngeh kalo kasirnya ngguntigin price tag, baru sadar pas di rumah nyari2 price tagnya ga ada).
      Saya baru tau juga kalau dustbag itu bisa ada dustbag pengganti (bukan DB asli datang dengan tasnya). Jd ya pertama memang kualitasnya mba yang dilihat.

      Delete
  21. kakak, aku punya longchamp merah yang dikasih tanteku... aku ga tau itu palsu atau asli, aku baca2 ciri-ciri tas longchamp original di google, tasku itu hanya cocok beberapa ciri.. apa artinya tasku KW ya? Tapi di dalamnya ada tag Made in China... Mohon pencerahannya kak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kakak... hihih dikasih tante jadi ga enak ya mau tanya beli dmana :p. Sebaiknya mencocokknya di berbagai website. Kalau ga salah purseblog forum menyediakan forum utk authenticate barang. Mungkin bisa coba kesana.
      Thanks sudah mampir ya

      Delete
  22. Mba aku baru beli tas lc cuir, setelah aku cek di store ada sama tapi ada logo lc emboss yang gak ada di pengait tali selempang, apa itu asli? Onlineshop nya blg itu asli.trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba Ilmia, mungkin bisa browsing ke LC website, untuk lihat tas yang mba punya. Kl LC le pliage cuir selalu ada di websitenya, jadi bisa dilihat ciri fisiknya. Saya terus terang ga bisa bayaingin kalau ga ada gambar hehehe...
      Untuk authenticate tas, bisa ke berbagai website dan forum.
      thanks ya sudah mampir

      Delete
  23. Hi mb vica, sy nemu blog mba pas googling krna jg shock pas nemuin tag kain dgn tulisan dibuat di china di clutch guess yg br sy beli online. Sellernya bilang sih asli. Sempet nyesek jg, soalnya sy plg males pake brg palsu, prinsip sy kl ga bs beli branded goods yg asli mending beli produk lokal asli yg berkualitas dan hrga terjangkau ^^
    Setelah baca artikel mba sy jd lega, pdhal udh terpikir mw sy jual lg aja itu clutch.
    Setelah googling sana sini akhirnya ketemu group dan style clutchnya, persis sama, alhamdulillah tnyata asli ^^
    Thx infonya ya mba..
    Btw kl pas sempet mampir ya ke blog sy di http://www.sariwiduri106.blogspot.com
    kita sama2 mind wanderer, cuma wandering nya kmana yg beda^^
    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulilaah... iya mba, saya juga gitu, spt saya tulis sebelumnya, mending beli produk lokal atau ga bermerk aja drpd palsuan.

      Delete
    2. Mba vica... klo Tas produk lokal itu merk apa aja ya?

      Delete
  24. Halo Mba Vica, aku mau tanya donk.. Kalo buka PO Europe gt kan kt pst bawa koper banyak yah, sepertinya harus ada kenalan di bandara Indo yah spy ngga jd masalah ? N apa yg jaga toko disana welcome sama kt yg bs disebut olshop/personal shopper? Secara kan kt pst foto2 barangnya tuh hehe.. Makasih yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba, kebanyakan toko sih welcom aja kita foto barang2nya, kecuali ada tulisan no photo ya. Dan saya selalu minta ijin dulu biar sama2 enak hehehe

      Delete
  25. Halo, Mba vika, mau tanya. Kl LC Made in Paris itu asli atau fake? Ada No wa yg bisa dihubungi? Minat jadi reseller deh :) Thanx ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba.. setau saya made in itu biasa made in countrynya mba, bukan kotanya. Made in Indonesia, bukan made in Bandung. Made in France bukan made in Paris. dll
      No WA, diemail aja ya. Atau bisa mampir ke FB Le Carrousel Shop atau IG: lecarrousel_ps

      Delete
  26. Hai mbak Vika, mau nanya nih, no seri coach liat nya dmn ya? Makasih ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba Agustine, kalau yg lama serinya ada di dalamnya di creednya. Terus ada yg lbh baru serinya di tag putih. Yg terbaru bgt malah ga ada no serinya.

      Delete
  27. Mb kalau mau pesan tas selain di FB bs lht dimana? -Susi-

    ReplyDelete
  28. Hai mbak.. ak.mau nanya. Kalo tas ZARA atau CHARLES & KEITH made in FO di China, original ga mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba, spt saya tulis, tulisan made in itu ga menentukan palsu enggaknya mba, juga tempat belinya. Ada tas ditulis made in France palsu, smtr yg made in China malah yg asli.

      Delete
  29. Hai mbak.. ak.mau nanya. Kalo tas ZARA atau CHARLES & KEITH made in FO di China, original ga mbak?

    ReplyDelete
  30. mbak aku liat mk harganya klau dikurs kira2 idr 800 tapi sdrku lagi di amrik ngga ada MK yang harga segitu.aku liat on line. iitu bohong ngga ya atau semacam penipuan. atau memang ada yang harganya segitu kalau sale. Salenya kira2 70 persen. tolong ya aku bingung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau MK 800rb, kayaknya too good to be true mba heheheh. Kl online coba diliat websitenya apa bener jual asli atau replika.

      Delete
  31. mba nanya dong...mungkin mba lebih paham tentang hal ini dibandingkan saya. ada saudara yg menawarkan tas Kate Spade kepada saya ...masih ada tag dan care card plus dust bag...tp ketika saya googling nama seri sesuai yg di tag tnyata ga ada gambar yg sesuai kemudian dust bag nya juga putih walau ada tulisan Kate Spade New York. Apa dulu DB KS putih yah? karena sejak saya pakai KS dapatnya DB yg coklat...makasih sebelumnya mba :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dustbag bisa berubah mba. utk KS saya kurang fasih, tp misalnya longchamp atau coach, kalau kita googling no serinya pasti akan keluar gambar yg sesuai dgn kodenya

      Delete
  32. Mba mau tanya. Apa bener ya kalo tas yg sleting bagian dalamnya itu riri swiss / lampo / IPI itu 100% original?
    Makasihhh.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mba, kurang mengerti maksudnya, utk tas apa dan zippernya

      Delete
  33. Halo semua, thanks banget udah mampir blog saya. Maaf udah jarang update blog, jadi ga semept liat n balas komen. SAya coba reply satu2 ya

    ReplyDelete
  34. Makanya klo beli designer bag di tokonya langsung, ngapain beli di ol shop. Mau gaya kurang duit yah? Huh, cupu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang ada yang tidak sempat pergi ke storenya langsung. Di Belanda sini, sudah banyak offline store tutup atau cuma buka online store saja, karena belanja online lebih hemat waktu dan tenaga. :)

      Delete
    2. oh yaa.. utk Longchamp personalised, bahkan butiknya tidak terima pesanan, dan saya disuruh langsung pesan via websitenya

      Delete
  35. Hi mba...mau nanya dong kalo di paris ato venice harga tas branded yang agak miring di mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya tas branded harga miring di FO yang banyak tersebar di berbagai tempat di eropa mba. Bedanya dengan barang di butiknya adalaha modelnya. Biasanya FO tempat barang butik yang sudah out of season atau discontinued di butik. Setelah discontinued di butik, masih akan muncul beberapa season di FO, setelah itu hilang atau dibuat tapi khusus utk dijual di FO saja

      Delete
  36. mba kalo tas ori itu udah pasti ada serial number di dalemnya?

    ReplyDelete
  37. Ka kalo tas mk ga ada no serinya berarti fake yah?

    ReplyDelete
  38. Sis mau nanya. Sbenernya utk brand LongChamp, kalo ada penjual yg menawarkan bhw LongChamp yg dia jual tsb ori reject (asli sisa produksi pabrik yg ga lolos QC). Bs dipercayakah? LongChamp ada menerapkan sistim jual brg sisaan manufaktur yg cacat ga ya? Kalo utk bbrp brand lain spti Mango, CharlesnKeith, Zara, Pedro, Banana Republic, Esprit, dsb, itu stau saya ada deh. Sis tau? Lalu bgm dgn brand LC sendiri? Coach jg gmn menurut sis? Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  39. Mba Vica, boleh minta instagram nya?? Tq. Lady

    ReplyDelete
  40. Mending beli sendiri bisa diraba diliat ditrawang. No seri coach emang bisa dipalsu bener kata ibu itu sih. Coba cari di google kata kunci fake coach and real coach.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar mba. barcode juga bisa dipalsu. Jaman skrg apa coba yg ga bisa dipalsu :(.
      Jadi kalau pun terpaksa beli online, sebaiknya dengan seller/online shop/webshop yang trusted/reviewnya bagus.

      Delete
  41. Mba vicaa, mau tanya yah kalau ada tas merek furla di tas nya tulisan made in italy, tapi krn harga nya murah mereka bilang itu di buat di china, cuman di china di pabrik nya di suruh tulis made in italy! Itu ngak mungkin kan yah mbak? Pasti palsu ya? Dan cara membedakan tas furla asli dengan yg palsu gimana yah mba? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mbaa... setahuku ga ada yg sperti itu. Kalau misalnya buat di china, tapi design di italy, biasa ditulis designed in italy. Kayak baju/tas pierre cardin. Saya liat kok tulisannya cuma designed in italy. tapi made innya ga ada. Taunya katanya made in Indonesia kl ga salah. itu di jeddah hehehe...
      Gampangnya apple deh. coba diliat di belakang casing. designed in california, assembled in China. ga ditulis kan made in USA ;)

      Delete
  42. mba. saya ada tas mk. beli online. tapi min nya made in indoneaia. saya tanya konter katanya emang ada made in indo. tp mereka gak brani bilang tas yg saya beli real/fake. jadi ngambang. saya mau kirim gambar tasnya. tasnya ada serial number nya. cuma kalau di cek di web nya kok gak keluar ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. MK Selma yang asli malah buatan indonesia mba. Org counter biasanya ga berani bilang asli atau ga kalau di indo ya, denger2 mereka cuma bisa kasih barang yg semodel trus kita suruh compare sendiri.

      Delete
  43. Mbk saya baru aja beli ol tas coach signature margot,di dlmnya kain pelapis tasnya polos,di bag merk dlm kulit tdk ada no serinya,saya jg tdk mdpt sarung asli krn katanya brg US mohon pencerahannya apakah brg sy ini coach margot sognature asli atau gak?skilas brgnya bgs kulit n kokoh,tx pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba, produksi coach yang baru skrg ga ada nomor serinya dipasang lagi. Utk sarung, maksudnya dust bag ya? Kl dust bag beli di FO biasanya memang tidak ada mba. Harus minta, kalau kebtulan baek kasirnya, ya dikasih hehehe...Itupun bukan yang satin, tapi yang kayak dustbag katun kasar (saya bilang spt goni :p). Margot kalo ga salah model lama ya mba? kalau ada mungkin beli di FO kalau asli. mungkin bisa dishare gambarnya di forum2 coach bag lovers dan sejeninsya

      Delete
  44. Mba kalau mau jd reseller bag coach atau kate spade gt gimana ya? Ada grupnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kalau tas US juga hanya reseller mba. Di Eropa tas brand US mahal2

      Delete
  45. Hallo mbaa! Senang sekali membaca feed ini. Thank you for writing this!
    Aku juga mau dong mba utk join atau pesan PO bag nya.. Bisa kontak via email?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks mba Prita for reading coretan saya. Silakan kalau mau pesan, dapat masuk ke Le Carrousel Shop fb atau ada ready stok di Tokopedia Le Carrousel Shop

      Delete
  46. Masyaa Allaah... banyak komennya.. Maaf banget sudah lama ga pernah update blog, jg ga pernah ceki2 blog. In syaa Allaah saya coba bales satu2 ya. Thanks yang sudah blogwalking ke mari :))

    ReplyDelete
  47. Mba kemarin saya titip beli lc navy blue sama teman kk yg ke Paris ,, setelah baca2 blog mba baru ngeh koq tas lc aku ga ada no seri nya :( No seri lc itu ada di mana nya sih mba..??!!

    Terimakasih

    ReplyDelete
  48. Mba saya mau nanya, untuk longchamp le pliage neo, untuk transparant tag nya, tulisan 'R' nya lurus atau bulat untuk yg authentic. Terimakasih

    ReplyDelete
  49. Hai mbaa salam kenal..saya shanty di bandung.
    Saya berminat dong mau jd supplier utk brg di US. Plis email bagaimana caranya. Email saya di annsanti@gmail.com makasih banyak ya mbaaa

    ReplyDelete
  50. Mau tanya mbak...di negara luar ada gak yg jual fake/ kw. Seperti tory burch jika saya beli di london apakah semua ori? Tq infonya.

    ReplyDelete
  51. Hello kak tas furla mini metropolis yang ori sama palsu gimana bedainya ??apalagi kalau semisal beli di online shop knp lebih murah dibanding beli di mall d jkt conter furla nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, mau bantu jawab aja. hehe. kalo menurut saya karna online shop kan belinya dari US lsg atau dari negara yang bersangkutan langsung, jadinya pasti gak kena pajak dll macam store resmi di Indo. semoga membantu ya hehe

      Delete
  52. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf salah apus :(. Pertanyaan ttg apakah produk longchamp ada reject pabrik. Dan dijual oleh beberapa seller diklaim sebagai ori tapi reject dan beli langsung dari pabriknya.

      ===

      untuk LC memang benar bisa ada produk yang tidak lulus QC. Tapi dijualnya di FO longchampnya resmi ya mba. Biasanya codenya ada label Non conforme atau di clear tagnya di bolongin, atau ditulis di price tagnya. Kl non conforme bisa juga defectnya karena salha spec. Karena tidak lulus QC butik maka dijual di FO. Tapi bukan karena salah nama atau salah ukuran yg terlalu kasat mata

      Delete
  53. ikutan panik, gr2 beli dompet branded tp tulisan dalamnya Made in China, pdhl beli di counter resmi, hehe.. kirain palsu, ternyata asli, cm emg di buat di China.

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh kalau counter resmi ya ga mungkin fake lah mba.. hihihi... Terus terang kita agak2 diboongin sama barang branded. Mereka mau produksi di negara spt Indo, China, Vietnam kan mau hemat biaya, tapi tetap aja hrgnya mahal supaya marginnya tinggi. Duuh

      Delete
  54. Mb vica,saya beli tas merk donini ditunjungan plaza surabaya,hrga 5jt,didalemnya ada tulisan made in italy genuine leather. Saya cmn pnsaran,merk donini tu bneran ada gak di italy,truz tas saya tu made in italy asli ato cmn asal?? Dl saya beli ada dustbag,dsb. Saya beli cmn krn suka,tp gak paham merk mb. Makasih sebelomnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mba, saya juga kurang kenal dengan merek donini. Soalnya di Italy sendiri mereka spt bandung mba, home industrynya banyak dan kadang ga bermerk. Tapi barusan ceki2 dari mas gugel, kayaknya donini ini hanya ada di indonesia ya? Maaf kurang membantu. Tapi kalau barangnya dan modelnya bagus dan mba suka dan memang bukan fake, kenapa ga hehehe

      Delete
  55. Halo mbak mau tanya,,sy mau beli sepatu tory burch amy pump..di toko kan mahal.di online lbh murah..cman sy bingung kotak sepatu kok warnanya beda ya antara ol shop yg satu dgn yg lain.klo sy perhatikan yg harganya miring kotaknya biru,,sdgkan klo yg diatas 2 jt an kotaknya merah.apakah kotak yg biru itu palsu? krn selisih harga bs 1 jt.thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. terus terang kalau sepatu tory burch saya kurang tahu juga mba. Mungkin saja beli di outlet jadi beda box atau mungkin saja palsu. Maaf kurang membantu

      Delete
  56. Mba vica mau nanya dong. Kalo utk tas pedro bedain nya gmna ya asli atau palsu? Kok ssh amat saya cari artikel ttg pedro , saya beli online ktnya dia jual 100% original , tp kok dtg cm tok brang gak ada plastik resmi ataupun dustbag pedro nya ya? Itu bs di katakan palsu gak sih kak? Tp klo saya liat dri resleting nya sih kyk asli jd bingung

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mba, saya kurang tau dengan merek Pedro. maaf tidak bisa membantu

      Delete
  57. mbaa, kalo aku mau ikutan po liat barang2nya dimana mba? ada ig nya? mau dong di infoo. thanks yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada mba IG: lecarrousel_ps (luxury travel and shopper)

      Delete
  58. Mbak Klo mau liat barang2 po nya dimana? Ada fb atau in?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa via IG: lecarrousel_ps atau FB page: Le Carrousel Shop mba.

      Delete
  59. Mba, mau Tanya donk..Klo BB Dgn Coach, kualitasnya lebih bagus yg mana?thanks mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. duuh.. saya suka dua2nya mba, kalau BB yg dimaksud adalah Braun Buffel :D

      Delete
  60. Halo mau tanya ada email/wa yang bisa dihub? Makasih:)

    ReplyDelete
  61. Halo mau tanya ada email/wa yang bisa dihub? Makasih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru buka lagi :D. WA message only: +62 878 86025092

      Delete
  62. mbk vica klo scan barcode bs buat mastiin gak srh itu asli or engga?krn pnh cb ke dua brg yg satu muncul brg tsb satu lg gak muncul
    ...jd gmn tuh mbk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jarang scan barcode mba. Tp pernah baca di salah satu grup, barcode yg asli akan memunculkan gbr yg sama detilnya. Smtr yg palsu either ga keluar gbrnya atau salah barangnya

      Delete
  63. Salam, mba saya mau nanya. Kalo beli tas original d online shop dengan harga miring merk CnK. Saya tanya ke resellernya," ori tp bs hara miring kenapa ?" Dia jawab "katanya, ini barang-barang yang ga lulus Quality Controlnya(QC) kaya jahitan ga rapi, benang keluar dikit dll yg ga kelihatan kalo ga terlalu diperhatiin tapi ttp orginal karna barang utuh, ga cacad, atau ga ada reseleting kepalanya. Kalo barang dengan ga lolos quality control gitu itu tetep original apa KW ya ? Makasih :) sebelumnya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam... saya terus terang kurang faham dengan merek CnK karena jarang pegang. Tapi pada dasarnya untuk berbagai mereka Eropa dan US, bila tidak lolos QC, akan dimusnahkan, dijual dengan harga murah di dealer resmi, atau masuk FO. Tapi untuk brand kelas menengah ke atas seperti longchamp, jahitan ga rapi itu kayaknya ga akan masuk FO sekalipun. Ada beberapa kekurangan dari spec biasanya kalau tidak lolos QC. Dan seperti sudah saya tulis di atas mba tentang fungsi FO.

      Delete
  64. mba, perbedaan candy bag furla asli n kw apa ya? mohon bantuannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya bisa kelihatan langsung dari bahan siliconnya mba

      Delete
  65. Mba mau nanya dong coach bag yg paling diincer biasanya yg warna polosan / yg ada signature nya yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau itu sih soal selera ya mba :D

      Delete
    2. Halo mbak,maaf mau nanya klu beli tas di store guess nya langsung yang harga 1,6JT ,itu pake sertifikatnya gak sih mbak

      Delete
  66. Halo mbak,mau nanya donk cara bedain coach swagger 21 ori dan nggak gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yang mendetil sebaiknya bisa langsung ke forum2 seperti yang saya sudah sebutkan di atas mba

      Delete
  67. Kak, mau tanya, kalo LV waist bag FO, mungkin gak sih dia authentic FO kalo harganya cuma range 2 jutaan? Terima kasih sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf kak. Seperti saya tulis di atas LV tidak ada FOnya, juga tidak pernah sale dan selalu naik harga. Selama 2 tahun pandemi sudah 6 kali naek harga2 barang2 klasiknya

      Delete
  68. selamat siang mbak ,, sya mau nanya,,kan saya ad beli tas coach di FO US tapi tidak ada cantum made in mana,, apakah itu asli ? dan untuk no seri saya juga ud cek di google cocok cma gada tag made in mana ny sudah saya cri” di bgina tasny gda cantumin,,,
    terima kasih mbak mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba beli di Coach outlet lsg physically di US? sudah pasti asli dong mba. Karena skrg ini kl tidak salah Coach tidak lagi mencantumkan kode2 seperti yang dulu,. dust bag juga udah ga dikasih kalau di FO.

      Delete
  69. Brrti pabrik tmpt saya krj skrg mmg yg produksi asli y..coz dsni bnr2 sesuai dgn ntu smw..dr segi kulit pun klo yg asli mmg bnr2 berminyak bau prengus dan lembut..dan untu bgian cutting pun jg gk asal..krn antara kulit body n handle gusset serta strapx pnya bgian2x sndri..dan klo acc trutma bgian title yg trbua dr metal itu pngrjaanx scra ditanam bkn main tempel pake lem...dan klopun ad yg reject pst lgsg dimusnahkan..jd gk ad yg lolos klo dh reject..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tau saya kak. Karena utk branding bukan hanya bahan saja tapi jg proses sb, yg saya kurang mengerti. Yg pasti pabriknya memang sudah ada kerjasama, ditunjuk oleh suatu merek untuk membuat barang mereka. Ada kontraknya. Dan di Indonesia banyak sekali pabrik barang2 branded, spt Fossil, Zara, MK, Adidas, Nike, Puma dsb. Jadi kalau memang pabrik tmp kerja kakak memang pabrik outsource salah satu merek2 tsb, ya kualitas pastinya harus dijaga.

      Delete
  70. KA saya punya tas coach rogue tea rose warna purple beli d OS skitar 2.8 saya cek detailnya smua ORI tp kata temen2 itu kw karna harga ORI d atas 5 juta ,,saya jd bingung apa saya kena tipu ,,masa kw mahal bgt hihi ,,d dalaman tas ada tulisan Made in Vietnam mohon pencerahannya dong ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sekarang kurang faham coach kak. Tp kalau yg rare macem rogue tea rose, memang setau saya yg dr US aja minimal 5jtaan lbh. Kl dari sini (EU) 6-7jtaan waktu dulu itu. Skrg penjual fake memang suka membuat harga tidak jauh beda dari yg asli karena kadang orang kan kalo kemurhan mikir 'too good to be true' ini.

      Delete
  71. mba.. utk longchamp yang dijual di tokped "oritastore" kira-kira ori ga ya? katanya FO punya...

    ReplyDelete
  72. Hi mbak Vica,
    iseng mau tanya nih, saya kan mau beli tas coach messenger bag
    sudah cek2 dari embos serial number di bagian dalamnya, tapi bingung cek serial numbernya itu kmn yah? gada online yang bisa masukin serial number buat cek kah?
    sama kalo tas coach messenger itu ada palsunya jg yah?

    thank youu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini pertanyaan tghn 2019 ya. Seingat saya memang sudah tidak dicantumkan lagi nomor seri. Jadi agak sulit jg utk ceknya coach ini

      Delete
  73. Mba, gmn ya ada olshop yg bilang sisa pabrik, gk lulus qr apalah itu:( trus bilang klo cacat jgn komplen. Hrga murah sih murah dikit gk nympe 2jt, tp ttp harga di atas sejuta gk di bawah 500k. Apa emng ada sisa pabrik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga ada mba sisa pabrik. FO itu biasnaya jual barang sisa LAST SEASON dari butik. Krn utk terutama barang Europe, mereka strict ke season. Berbeda dengan barang fashion US yang hampir tiap saat sale, barang Europe sale besar hanya tiap akhir season untuk ngabisin stok. Saat ga abis di high street/butik, mereka lempar ke FO (designer outlet skrg kerennya), toh banyak juga yang beli karena murah dan kualitas bagus. Sediskon2nya barang yg defect ga pernah lbh dari 50% juga sih

      Delete
  74. Haloo mba, mau tanya dong, aku barusan bgt baca blog mba, jadi kepikiran..
    Aku nitip coach mini bennet ketemen yg ada di amerika, dan barusan bgt sampe, nah kok ga dapet dustbag nya yaa mba, tp klo diliat distam yg ada di dalem ada sih no serinya, ada nota pembeliannya juga di brich run gt.. tp knp ga dapet dustbag nya yaa mba, pencerahannya dong mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coach skerg pelit mba, ga dapet dust bag kalau belinya di FO. Itupun saya pernah minta, duh dustbagnya kyk yg plastik gitu. ga ada yg kain

      Delete
  75. Mba klo fossil made in cambodia asli gak tuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. spt yang saya tulis mba, made in mana itu bukan pembeda asli atau ga-nya.

      Delete
  76. Mbak kalo bedain charles keith ori or fake gmna ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mba, saya ga tau merek ini jadi ga bisa review

      Delete
  77. kak ,sy mw nanya soal multibrand store dan dari mana mereka menyuply barang ?apakah barang multibrand store itu authentic,thx,,,mohon pencerahanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak MBS yg authentic kak. ya supplynya langsung dari dealer atau wholesellernya.

      Delete
  78. Halo mba vica.
    Saya mau tau tentang burberry apa bedanya taq label kain pada burberry mba?
    1. Label tag kain yg ada noser dan made in
    2. Label tag kain yg tidak noser tetapi ada made in nya
    3. Label tag kain yg tidak ada noser dan tidak ada made in dan biasanya bagian atas nya ada tulisan warna merah bertuliskan "keep away from fire"
    Trima kasih q

    ReplyDelete
  79. Kak mau tanya, kalo coach no seri dan made in nya udah sesuai. Tp dust bag nya fake tp seller kekeh kalo outlet ga dikasih dustbag. Menurut kaka ini fake ga ya

    ReplyDelete
  80. Saya pencinta tas branded ori,dan ada bbrp tas yg ditipu&penjualny gk mw ganti rugi malahan pura2 lupa🤦....tp Alhamdulillah ny ada yg mw beliin itu tas yg kw saya walau dijual dg harga yg jauh dr saya beli y gpp asal itu duit bisa kembali lg ke saya....btw saya penggemar chanel dr tas sampe parfum,lv jg suka....hermes saya cmn ada bbrp aj karna gk terlalu suka dg modelnya yg agak kaku😁....just info kl kalian beli ck ori tp cepet ngekelupas itu kulit tasnya itu bkn berarti kw y,karna ck itu emng kulitnya gk seperti tas yg lainnya bisa dblng kualitasny dibawah tas kulit branded lainnya....wajar sih skrng ck kebanyakan pakai kulit sintetis

    ReplyDelete
    Replies
    1. duuh.. turut berduka ya kak. iya yg penting terjual dan kita bilang itu fake ya.

      Delete
  81. Hallo mba, mau tanya untuk coach sendiri semua jenis apakah dipastikan dengan serial number yg di dalamnya seperti review mba di ataskah? ... sy sempat beli olshop ke sekian kali tp last one saya baru liat kok ngga ada ya ...siap2 kecewa deh😶

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes mba, sptya coach keluaran baru ada yagng ga ada nomor serinya. tapi ktnya coba cek dibagian zipper mungkin ada

      Delete
  82. Kak maaf tanya klo coach gabsa tembus google no serinya berarti gaori ya?

    ReplyDelete
  83. Ka.. mau tanya dong.. ada olshop yg jual tas bekas display FO, itu asli atau enggak ya?
    jgn d bully ya soalnya g faham🙈🙏

    ReplyDelete
  84. Hi mbak mau tanya untuk coach yg asli saat coba ketik no seri pada creed pasti muncul ya kl kita search di google? Misal g muncul pasti palsu ya ? Tapi ada kode di tag harga di coba di search muncul kak sesuai gambar dan barangnya . Apakah brg ini termasuk asli atau palsu ya kak? Mohon pencerahannya . Terimakasih

    ReplyDelete
  85. Coach made in vietnam yang di jual di instagram itu ori ga ya kak?

    ReplyDelete
  86. Hi mb, kalau ad yg jual coach Made in vietnam asli g ya, agak ragu soalny, dia bilang barang FO

    ReplyDelete
  87. Maaf banget baru sekarang buka2 blog lagi setelah sekian purnama. In syaa Allaah dibalas satu2 komennya ya.

    ReplyDelete

Post a Comment