September 5, 2013

Nasi Tim Ayam Jamur #30hariberbagiresep - Day 5

Nasi beras coklat ga bisa nempel, jadi buyar deh cetakannya :p
Masih pusing memanfaatkan kompor dan juga masih belum banyak bumbu-bumbu segar tersedia. Bahan-bahan mentah pun belum banyak di kulkas. Jadi cari masakan yang gampang-gampang aja. Di freezer masih ada ayam fillet. Bingung mau diapain. Mau dibikin cordon bleu atau chicken katsu, tapi baru juga beberapa hari lalu bikin fish escalope ala rice cooker yang tentunya tidak crispy hihihi... Akhirnya kepikiran bikin Nasi Tim aja deh. Mumpung masih ada jamur dan untuk menyamarkan rasa  dan tampang beras coklat yang saat ini menjadi salah satu sumber karbo utama di rumah selain pasta. Anak-anak memang kurang suka ama beras coklat karena rasanya yang agak getir (getir bukan ya?). Ya beras gabah gitu looh. Makanya harus dikamuflase. Awalnya digabung dengan nasi putih, sekarang dicoba dengan nasi tim, alhamdulillah berhasil. "Para korban" dengan lahap mau memakan nasi coklatnya. Horeee.....

Kaldunya kemarin dibuat dari kaldu instant, karena namanya juga ayam fillet, jadi ga bisa dapat kaldunya. Biasanya bikin dulu kaldu ayam dari ayam bertulang, nah itu baru lebih mantep. Cobaaa disini ada ayam kampung...*mimpi*.

NASI TIM AYAM JAMUR

Bahan

2 potong besar ayam fillet, potong dadu
kurleb 300 gr beras (2 cup)
7-8 biji jamur kancing/kastanye, iris tipis
3 butir bawang putih, haluskan
1/4 potong bawang merah besar (kira-kira 3 btr bawang merah kecil), cincang tipis
3 sd teh kaldu sayuran bubuk atau 1 bks kaldu blok besar (2 blok kecil)
3-4 potongan tipis jahe
kecap manis
kecap asin
kecap Maggi
gula garam lada
3 sdm mentega
2sdm minyak untuk menumis
air untuk memasak kira-kira lebih banyak 2 ruas jari dari beras
optional: potongan kecil wortel dan 2 batang daun bawang
gula merah kalau ada



Cara membuat 

1. Tumis bawang merah putih dengan minyak goreng. Setelah layu, masukkan ayam fillet kemudian potongan jahe. Masak sampai hampir matang.

2. Masukkan mentega, jamur, daun bawang dan kaldu bubuk/blok. Aduk sampai rata, tambahkan gula garam lada sesuai selera. Masukkan juga semua kecap sesuai selera. Karena kami suka nasi tim manis gurih, kecap manisnya aku campur agak banyak plus gula merah (kalau lagi ada).

3. Setelah tercampur coklat semua, masukkan beras untuk diaron sebentar.

4. Pindahkan ke rice cooker (andalan), masukkan air sampai kira-kira merendam beras dua ruas jari lebih tinggi (beras coklat agak keras teksturnya, jadi airnya juga harus banyak). Bila suka, tambahkan potongan wortel ke dalamnya. (cara orang yang malas masak sayur lagi :p)

5. Masak sampai matang dan sajikan hangat-hangat.

8 comments:

  1. enaknya mak, daku ga bisa lagi masak dg menu utama nasi huhuhu, nasi hanya sbg side dish aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaah kenapah mak? Diet yaa.. Ini pake beras gabah kok alias beras coklat.

      Delete
  2. Wah, nasi tim jamur resep kesukaan, nih. Tapi sy bikinnya nasi aron dikukus di dandang di wadah mangkok kecil2. Belum pernah pake rice cooker. Kapan2 nyoba pake rice cooker biar praktis :)
    Salam kenal ya mbak ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, sama kok, dulu juga begitu bikinnya. Jadi buat banyak utk seminggu, trus taro freezer hahah (pemalassss). Tapi kukusan kesayanganku ga bisa dipake gara2 kompor baru hiks. Udah curcol duluan tentang kompor induksi dan pancinya yg khusus sih.
      Masak di rice cooker juga diajarinnya sama mamiku hehehe...
      salam kenal juga ya

      Delete
  3. Aaaah, jadi bikin laper, pengen.
    Senangnya ya yang bisa masak.
    Sukses buat event memasaknya ya, Mak Vica :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... bukan bisa masak Makpuh tapi bisa survive hihihi...
      Makasih yaa

      Delete
  4. Bikin lapeeer mata aja deh Mak, postingan gambar nasi tim ini...makyuuus (meski aku belom pernah nyoba memasak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba dong mak ;). Tangan sendiri pasti rasanya lbh maknyus

      Delete