September 18, 2013

Fish Tom Yam #30hariberbagiresep H-17

Salah satu alasan ga bisa tiap hari posting resep adalah ga ada foto eheem. Penting ya? Penting lah. Makanan gitu loh. Jadi untuk yang ini juga foto menyusul yaaaa. Habis saking buru2nya bikin makanan buat anak-anak, bikin sebentar, jadi dalam sekejap, habis pula dalam sekejap. Kurang banyak apa ya bikinnya... Next time deh ah.

Kali ini bikin kesukaannya anak-anak, tom yam ga pedes. Nah looh! Biasanya kalau di Resto Asia di Jeddah, kita mesan tom yam udang, terus anak-anak cuma makan supnya sama nasi doang. No more. Tom yumnya yang ga pedes pula...Padahal tom yam adalah salah satu makanan yang harus ada sedikit pedes buat aku yang pedes hater ini. Nah, gara-gara ada yang ga boleh makan udang lagi, terpaksa lah ganti tomyamnya jadi yang fish. Eh, ternyata si Mas mau dong itu fishnya. Jadi ga cuma nasi n sup doang deh. Makanya aku buat deh di rumah. Contek sedikit buku resep thai food sambil nginget2 rasanya. Jadi deh. Kebetulan kemaren abis dari toko oriental yang jual asian spices, dan nemu bumbu tom yam. Asyik, lumayan buat nambahin rasa.



Fish Tom Yam

5 fillet fish putih (pangasius), potong kecil2 atau sedang
3 butir bw putih haluskan
3 butir bw merah atau bila tidak ada pakai separuh bw bombay merah atau coklat, cincang halus
1 batang sereh besar, iris dan gepruk
1 bonggol kecil laos, iris tipis dan gepruk
3 lbr daun jeruk
1 lbr daun salam
2-3sm fish sauce
minyak untuk menumis
kira2 1000-1500ml air
separuh buah lemon besar
2 st bumbu tom yam instant, bila ada
garam dan lada sesuai selera
minyak untuk menumis
optional: potongan jamur, tomat dan daun bawang

Cara membuat

1. Tumis bawang merah putih sampai harum, masukkan ikan, tumis sampai keluar air
2. Masukkan sereh, laos, salam, dn jeruk, fish sauce dan parut kulit lemon** lalu aduk rata dan biarkan sampai kaldu ikan keluar semua. Lalu masukkan bumbu tom yam (bila ada) dan peras lemon sampai habis jusnya. Aduk rata lalu tambahkan air, garam, lada plus jamur bila mau.
3. Diamkan selama kurang lbh 15 menit dengan api kecil
4. Masukkan tomat dan daun bawang (bila mau), biarkan selama kurang lebih 5 menit, matikan api, angkat dan sajikan panas-panas.

**saat memarut kulit lemon, jangan sampai terkena bagian putihnya karena pahit

update: udah bikin lagi en buat foto. Terus baru inget ada satu bahan penting yang ketinggalan, Fish Sauce. Ditambahin dulu yaaa





No comments:

Post a Comment