September 9, 2013

Poach Salmon Tomato #30hariberbagiresep Hari 9

Lagi-lagi salmon. Yah, mau gimana lagi. Gara-gara belum nemu toko daging halal yang dekat  dari rumah, at least di kota tempat tinggalku ini, persediaan daging pun agak disayang-sayang dan emang tinggal dikit sih. So, banyak2 deh menu ikan. Soalnya kalau seafood, penggemar di rumah yang cuma 2 orang, berkurang satu gara-gara dijegal pantangan penyakitnya. Jadi, bye-bye udang, hiks!

Nah, untuk kasih nama sebenernya bingung juga. Cara memasaknya kan kayak dipoach ni, dimasaknya direndem dalam saus/kuah. Tapi aku ga tau istilah indonesianya hihihi... Oke, mari diintip survival guidenya eh resepnya.

Salmon tomat dengan Nasi Coklat




Poach Salmon Tomato

Bahan

2 potong salmon steak fillet (250 gr) - cuci bersih
1 buah tomat besar potong dadu
1 sm saus tomat
100 ml air
1 butir bw putih besar, iris tipis
2 st kaldu sayuran
3 iris tipis jahe
2 butir kurma, cincang halus
1 st gula merah (bila ada)
garam lada sesuai selera
air perasan lemon secukupnya (kira-kira 30-40ml atau dari seperempat potong lemon besar)
2 sm mentega

Cara membuat

1. Marinade salmon dalam campuran air lemon, 1 st kaldu sayuran dan garam lada secukupnya selama minimal 30 menit.
2. Tumis bawang putih dengan mentega sampai harum lalu masukkan salmon yang telah dimarinade. Diamkan sebentar sambil sesekali dibalik sampai berubah warna.
3. Masukkan potongan tomat, irisan jahe dan saus tomat dan air, campur perlahan. Tambahkan bumbu dan 1 st kaldu sayuran dan kurma. Aduk sampai merata menutupi separuh salmon.
4. Tutup dan kecilkan api. Biarkan sampai matang, sambil sesekali membalik salmon.
5. Setelah air hampir habis dan membentuk saus kental, angkat dan sajikan

So simple toh ;)

No comments:

Post a Comment