September 15, 2013

Appelflap - Apple pie Dutch style #30hariberbagi resep H-14

Namanya weekend ya malas dong masak. Kebetulan malam ini main ke rumah teman. Dia baru aja beli oven baru. Dalam rangka mencoba ovennya, dicobalah membuat suguhan Appelflap, yaitu apel pie snack ala Belanda. Sebenarnya sering juga sih melihat di satu waralaba burger dari AS model apelpie snack ini. Tapi mau tau ah model Belanda. Sebenarnya sih, dia ngajarinnya ga pakai butter. Aku juga barusan googling resep, emang engga ada tuh butter. Selain itu juga bubuk kayu manisnya hanya ditabur sedikit di atas apel.

Tapi dasarnya aku suka experiment, dan pengen yang rasanya lebih machtig (padahal ngerasain aslinya aja belum pernah), beberapa potong aku selipin butter hihihi...Kurang tau deh rasanya karena jadinya ternyata gosong, karena yang punya rumah belum ngerti make oven yang baru siangnya dibeli hahaha.. Jadi no foto ya. Next time aku buat sendiri in syaa Allaah pasang foto. Jadi sekarang dapet deh variasi isian baru buat kulit pastry.

Oya, jadinya yang di bawah ini resep ala aku aja yang iseng mengira-ngira bagaimana supaya si kayu manis meresap ke dalam apel. Ya pake cara saat dulu buat AppelPie tart (Gebakken Appeltaart). In syaa Allaah resep menyusul yaa untuk yang itu.


Appelflap(pen-kalau banyak)

1 buah apel kecil, kupas dan potong dadu kecil
10 lembar kulit pastry siap pakai
2 st kayu manis bubuk
15 gr mentega unsalted dingin, potong dadu kecil (optional)
1 butir telur, kocok lepas 
1 st air
1 st gula pasir optional
*kismis secukupnya optional

Cara membuat:
1. Panaskan oven 220der. Biarkan kulit pastry sampai defrosted
2. Campur rata dalam satu wadah, potongan apel, kayu manis bubuk dan kismis. Tambahkan mentega yang masih keras ke dalam adonan. (supaya mentega tetap keras, setelah dipotong dadu, masukan kembali ke dalam kulkas sampai sebelum dicampur dalam adonan apel)
3. Letakkan kira-kira 1 st adonan apel ke atas kulit pastry
4. Kocok telur dengan air lalu olesi pinggiran kulit dengan telur. Lipat bentuk segitiga. Tekan pinggirannya dengan garpu sampai tertutup rata
5. Olesi bagian atas pastry dengan telur dan taburi sedikit gula pasir. Atur di atas loyang.
6. Masukkan pastry ke dalam oven, turunkan suhu oven sampai 200 der dan  bakar sampai kira-kira 12 menit atau kulit berubah menjadi kuning keemasan. 
7. Hati-hati kalau memakai gula. Perhatikan jangan sampai gula menjadi gosong.

Siap disajikan panas2. 

Buat contoh aja jadinya seperti apa, fotonya untuk sementara nyontek dari sitenya supermarket besar dulu yaaa...

Appelflap (ah.nl)

p.s. nulisnya masih di tanggal 14 looh, jadi masih H-14. Tp kepublish after midnight hehehe

No comments:

Post a Comment