September 8, 2013

Vegetarian Burger dan Pasta Carbonara #30hariberbagi resep H8


Walaah, gara-gara kemarin libur weekend, lupa posting hari ke 7 #30hariberbagi resep. Kadang masih suka kagok dengan weekend di hari Sabtu Minggu, karena pas suami pergi jumatan, anak-anak baru abis pulang sekolah. Biasanya kan si mas bisa ikutan.

Di hari Jumat, anak-anak kelas bawah pulangnya jam 12.15, jadi harus masak model cepat aja untuk mereka. Kemarin di supermarket ngeliat burger vegetarian (berbasis sayuran dan tahu) lagi ada kortingan. Yah karena ga bisa beli burger dagingnya, coba yang ini aja deh.

Bingung, dibuat apa yaaa. Digoreng doang gitu? Ga asyik ah. Jadilah aku dimodif dikit si burger buat karbonya pake pasta carbonara seadanya yang resep lengkapnya bisa diliat di resep Carbonaraku yang ini. Karena ini buat nemenein si burger, jadi buat asal aja, yang penting pake telor dan krim :p


Burger Saus Tomat

4 potong burger vegetarian (kalau punya burger beneran yang dari daging kayaknya lebih enak), potong melintang
2 butir bawang putih, haluskan
2 sm mentega buat tumis
3 sm saus tomat
air secukupnya
gula garam lada sesuai selera

==> Tumis bawang putih dalam mentega sampai harum, masukkan saus tomat dan air untuk mengencerkan sedikit. Setelah agak encer, masukkan burger, aduk rata. Diamkan sekitar 5 menit dengan api kecil, agar saus meresap.




Quick Pasta Carbonara

2 cup pasta small size
500-750 ml air
2 butir telur
50 ml krim cair (krim masak)
50 ml susu cair
25 gr keju parut (enaknya pakai keju gouda tua. Kalau tidak ada, keju cheddar juga bisa)
italian mix spices, bila ada
gula garam sesuai selera
lada hitam bila ada


==> Masak pasta dengan air (jangan sampai terendam tinggi), sampai al dente (agak keras) dan air bersisa sedikit di dasar panci. Biarkan diatas api kecil, jangan ditiriskan. Kocok telur dengan krim dan susu cair dan bumbu-bumbu (seharusnya dengan krim semua, tapi krimku kemarin cuma sisa 50 ml itu aja). Matikan api, tuang kocokan telor sambil diaduk rata ke dalam panci pasta yang masih panas. Setelah tercampur rata masukkan keju parut dan aduk sampai rata. Hidupkan api kecil, aduk terus sampai telur matang kira-kira 1 menitan. Hidangkan dengan keju parmesan (bila ada)

***

Sajikan keduanya dalam satu piring.

Mari tampilkan bahan2nya
note: pasta tampak merah di foto ini, karena panci bekas masak burger saus tomat, langsung dipakai untuk membuat carbonara (biar cepet hehehe plus panci induksinya cuma 1). Carbonara merupakan saus putih berbasis telur dan krim, jadi harusnya ga merah hehehe...

No comments:

Post a Comment