September 21, 2013

Lemper Isi Abon atau Ayam Cincang #30hariberbagiresep

Terinspirasi dari lemper di toko Oriental, akhirnya aku buat sendiri lemper buat bekal anak-anak. Habis gampang dan terjamin....hehehe lebay ya terinspirasi, bilang aja ga bisa beli karena ga halal. Lebih aman buatan sendiri. Terus selain isinya 'abon lagi, abon lagi', aku coba pakai ayam bacem yang belum sempet digoreng, eh dibakar. Lumayan toh daripada bikin lagi. Udah deh aku catat aja, kali aja tetangga mau bikin hihihi...(ayo senyum, kalau berasa)

Lemper Isi Abon atau Ayam Cincang

2 cup beras ketan, cuci bersih, rendam sekitar 1-2 jam
2 cup santan cair
1 lbr daun jeruk, iris (kalau suka)
2 lbr daun pandan (kalau ada)
garam dan gula sesuai selera
abon untuk isian
ayam opor atau bacem bila ada, cincang halus dengan chopper

Cara membuat:
1. Kukus beras yang telah direndam selama kira-kira 45 menit atau sampai beras ketan sudah tidak meletis
2. Sementara kukusan beras hampir siap, didihkan santan bersana daun jeruk dan pandan. Tambahkan gula dan garam sampai gurihnya sesuai selera
3. Kecilkan api, pindahkan ketan ke satu wadah, lalu tuangkan dengan santan panas sedikit-sedikit sambil diaduk rata. Jangan sampai ketannya kebanyakan santan. (bisa jadi santannya tidak dipakai semua).
4. Kukus kembali ketan yang telah tercampur santan di atas api yang sedang mendidih kira-kira 30 menit
5. Matikan api, angkat diamkan sebentar dan siapkan pembungkus lemper (bisa daun pisang, alumunium foil atau plastik). Setelah sudah tidak terlalu panas, gulung lemper dan isi dengan abon atau ayam.
6. Kukus kembali kira-kira 10 menit di atas air yang sudah mendidih atau disimpan dalam kulkas dan dikukus sebelum dimakan.

Tips
* Jangan tunggu sampai dingin untuk menggulung lemper, atau lemper akan sulit digulung
* Bila memakai alumunium foil, supaya tidak lengket, olesi foil dgn minyak goreng tipis-tipis (kalau sempat dan tidak malas ;)


2 comments: