December 20, 2011

Makan Mur Mer di Fancy Restaurants

Tinggal di negara yang semua makanan en minumannya halal harus dimanfaatkan semaksimal mungkin seperti yang sudah aku post sebelumnya sebagai alasan kenaikan berat badan ;). Tapi setelah 5 tahun lebih disini, yang namanya nilai conversion dari Euro ke SAR udah luntur dong. We have to find an economical way to dine in fancy restaurants (baca: makan murah meriah).

Untungnya di Jeddah ini banyak restauran yang menawarkan menu Special Offer. Bisa berupa business lunch, yang waktunya terbatas untuk lunch saja, atau all you can eat buffet, atau special offer untuk special occasion. Info lengkap bisa dicek di Jeddahfood sih, but these are the restaurants yang pernah kita coba dan juga special offernya. Oya harga2nya excluding service charge ya.



Steak House
Kanan: Steakhouse Burger Sandwich,
Kiri: Fajita New World
Namanya aja Steak House, tentunya menawarkan berbagai macam steak dan sandwiches dengan teman2nya.    Restaurant ini adalah chain Saudi asli, walaupun menawarkan makanan khas US n Mexican. Special offernya di Business Lunchnya yang murah meriah. Dengan harga 39sar/org (Sat-Wed) atau 49sar/org (Thursday), kita mendapatkan appetizer all you can eat soup DAN salad bar, dan main course satu sandwich lengkap dengan french fries yang pilihannya tersedia di menu lunch offer, plus refillable drinks (soda or iced tea). Kenyang abis. Soupnya juga berubah setiap hari. Bahkan sekarang mereka menambahkan teaser baru, nambah bayar 10sar untuk juices atau smoothie atau dessert yang harganya sekitar 15sar. Sandwichnya juga enak. Burgernya besar dan terbuat dari fresh ground beef, homemade, bukan yang beli jadi frozen dari supermarket. Karena berasa kurang bumbu, cuma daging doang. Tinggal tambahin steak sauce aja en pepper sih buatku.
Memang biasanya cuma lunch offer yang kita ambil, tapi Fajita New Worldnya juga enak. Lebih enak dari bberapa US chain disini dan dia juga punya special way of cooking steak yaitu di atas hot granit stone. Hati2 kalau punya baby atau toddler en pengen coba yang satu itu, karena batunya beneran panas.

Applebee's Business Lunch and Iftar Buffet
Applebee's is quite a pricey restaurant, tapi dia juga punya menu Business Lunch setiap Sabtu-SELASA (ga sampai Rabu ya, apalagi Kamis). Harganya terakhir (kira2 dua bulan lalu) 39 SAR/org, dan ada pilihan menu utama dengan appetizer salad ATAU sup dan refillable drinks. Walaupun Applebee's is one of our favorite restaurant, terus terang jarang banget bisa business lunch disini, aku cuma liat menunya aja, karena kita selalu makan disini pas weekend. Karena kadang ada special offer harga murah untuk menu combo, misal steak and shrimp plus dessert cuma antara 59-79sar/person, atau kalau tidak ada offer, ya ambil offer dari my hubby Visa card which gives out  a 15% disc. di Applebees :p (teteuup).

Tapi kalau lagi puasa Ramadhan jangan dilewatkan iftar disini. Tahun ini dengan harga 69SAR/orang, bisa dapet open buffet appetizer, dessert dan drinks (buffalo wings, soup, salad, quesadilla, nachos, pokoknya yang biasanya harganya udah sekitar 20-40sar per porsi), plus main course yang ada di Menu Iftar. Kuenyang abiiiisss....So bisa dipastikan tiap tahun pasti ada saat iftar di Applebees (malesmasak.com).

Spears Intercontinental Hotel Business Lunch
From top left clockwise: camel meat, turkey, chicken, beef. 
Spears offers Brazilian way of cooking steak alias Churrasco. Yaitu dibakar di tusukan kayak sate dari besi, yang menyerupai tombak. Makanya restauran yang themenya Churrascaria (Brazilian steak house) ini namanya Spears. This restaurant emang agak-agak out of our league, karena mahalnya itu bow. Tapi taunya ada business lunch offer, yang emang ga murah2 amat sih. Harganya 79sar/person, dapat appetizer salad ATAU soup, 5 kali serving nambah daging plus 1 glass of soda drink. Dulunya sih, waktu harganya masih 69sar/person, malah kita bisa makan all you can eat meat, mau nambah berkali-kali sampe mbludag juga ga papa. Disini, aku pernah cobain yang namanya daging Unta (Camel). Enak loh, empuk kayak veal, tapi lebih putih dari beef, pinkish gitu. Yah mencoba sekali-kali boleh lah, walau suami harus mbela-belain telat balik kantor buat dapet offer makan murah. Kalau weekend kan jadi harga normal (that is around 150-175sar/org) heheheh...

TGI Friday's dan Ruby Tuesday's
Untuk kedua restaurant ini, aku belum pernah coba business lunchnya. Untuk TGI, di tag di 29-39SAR/orang, sementara Ruby 59sar/orang. Cuma saja, kami senang minum2 di TGI soalnya cocktailnya lebih murah dan beraneka ragam dibanding other US chain. Dan dia kadang punya special introduction price untuk menu2 baru. Makanannya sih tidak terlalu enak, lebih karena dagingnya kurang fresh dan nachosnya juga seperti nachos beli di supermarket, not own oven baked). Tapi suasananya cukup cool, sampai akhirnya aku dapat perlakuan kurang enak saat makan bareng my girlfriends.

Untuk Ruby Tuesday, steaknya okay, tapi fresh garden saladnya kebangetan. Aduh, baru sekali ini makan brokoli ga dimasak. Eating healthy doesn't mean we have to eat all unprocessed food.

Vapiano
pic. from Cobone.com
Kami tidak tahu ada restauran ini, sampai tiba-tiba ada offer di Cobone, beli voucher 8sar untuk purchase 80sar. Waduh penasaran dong nih. Kami beli 2, karena memang cuma dilimit sampai 2 voucher saja pembelian di Cobonenya. Vapiano adalah Italian restauran di Mall of Arabia. Settingnya membuat kita berasa duduk di lounge airport sambil menunggu boarding, mana dekat airport pula hehehe. Cara pembeliannya adalah kita dikasih kartu yang isinya uang yang kita bisa belanjakan makanan n minuman. Misal kartu kami jadi bernilai 160sar, karena ada dua voucher seharga 80sar. Aku memesan pasta chicken mushroom dan suami pasta chicken dengan saus tomat plus green salad dan pizza untuk anak2. Total pembelian kami 195sar, jadi harus nambah bayar lagi sktr 35 sar. Well, total untuk bill 195sar, kami cuma bayar 51sar. Lumayan kan hehehe. Tapi ini cuma offer occasional aja, dan tidak selalu ada. Cuma kayaknya balik lagi ke Vapiano juga ok. Walaupun makanannya agak anyep (lidah Indo emang ga bakal bisa masuk ke makanan eropa), tapi servingnya cukup fresh. A side note, mau italian food yang enak, coba Il Portofino di Rawdah street.

1 comment:

  1. New note (22/12/11):
    Barusan lewat Ruby Tuesday, offering business lunch mereka udah turun harga. Sekarang mereka offernya starting from 29 sar.

    ReplyDelete