Skip to main content

3 in 1 Keto Recipe: Crepe en Waffle

Mari kita sambung resep 3 in 1 yang kemarin sudah saya post di sini.



Setelah pancake berhasil, saya bereksperimen beberapa kali untuk membuat si resep jadi crepe yang banyak. Pernah coba pake physilium husk, jadi banyak tapi gendut, kayak untuk pancake belanda. Padahal crepe kan pancake langsing, wong dari Prancis. Paling pas sih tinggal nambahin air aja, dari 1 SDM jadi 3 sdm, lumayan kan encer. Tapi tetep kurang banyak dan ancur. Akhirnya balik ke resep klasik deh, di balik 1 telor terdapat 4 crepe. Walau ternyata untuk almond flour takarannya jadi beda. Nah, sekarang untuk crepe yang ga sekedar telor dan santan aja alias kulit dadar, jadilah ini.


CREPE CREAM CHEESE
15 lembar crepes, per sajian: 3 lembar
Kalori: 176, Lemak: 14,9 gr, Protein: 8,1 gr, Karbo: 1.9 gr
*Perhitungan tepat Kalori dan makro tergantung dari bahan yang dipakai. Saya memakai myfitnesspal untuk melakukan perhitungan. Kalori hanya berasal dari crepe, tidak termasuk isinya (tergantung selera)

Bahan:
3 telor
3 sdm (45ml) air minum
70 gram cream cheese potong dadu
70 gram tepung almond
1 sdt (5 gr) baking powder


Cara membuat:
- Masukkan semua bahan ke dalam blender sesuai urutan di atas supaya tidak menggumpal. Blender sebentar saja sampai tercampur rata. Bisa pula dengan food processor. (Bila cream cheese masih dingin, blender pulse sebentar sebelum memasukkan bahan kering)
- Panaskan penggorengan dengan dioles sedikit minyak (sebaiknya butter atau minyak kelapa)
- Tuang sekitar 1-2 sdm (wajan 20cm) dan ratakan sampai menutupi permukaan wajan.
- Tunggu sampai pinggirannya mengelupas, lalu angkat

Saya suka mengisi crepe langsung di atas wajan, misal dengan keju dan salami, hingga keju meleleh, lalu dilipat segitiga. Atau diisi dengan coklat pure parut sehingga meleleh sedikit dan dicampur keju parut. Tinggal dihitung makros sesuai isiannya.


* * *



Varian lain dari resep pancake ini adalah waffle. Sebenarnya saya ngarang sendiri ga sengaja saat melihat anak makan waffel yang mentuk-mentuk kok ya jadi pengen. Kayaknya mirip-mirip dengan pancake flapjack yang juga agak gemuk. Mungkin next time akan saya tambahkan physillium husk biar lebih endut. Gara-gara ngidam waffel ini, jadi beli toaster waffel baru. Eh kebetulan Kruidvat pas diskonan toaster grill 3 in 1, jadi bisa buat toaster, waffel dan pannini. Asyik... eksekusi yuk.




WAFFEL CREAM CHEESE
jadi 10-12 pcs, sajian 2-3 pcs
Kalori per sajian: 332, Lemak: 28,5 gr, Protein: 11,5 gr, Karbo: 7,3 gr
*Perhitungan tepat Kalori dan makro tergantung dari bahan yang dipakai. Saya memakai myfitnesspal untuk melakukan perhitungan. Kalori hanya berasal dari waffel, tidak termasuk topping

Bahan:
3 telor
2sdm (30ml) air minum
90 gram cream cheese, potong dadu **
85 gram tepung almond
5 gram tepung kelapa **
1 sdt (5 gr) baking powder
1/2 sdt (2-3gr) kayu manis bubuk
2 sdm mentega leleh

** saya pernah ganti dengan 80 gram cream cheese + 20 gram hi protein yoghurt kental (seperti skyr), karena keabisan cheese. Jadi tepung kelapa dinaikkan jadi 10 gram supaya menyerap cairannya agar tidak terlalu encer

Cara membuat:
- Masukkan semua bahan kecuali mentega ke dalam blender sesuai urutan di atas supaya tidak menggumpal. Blender sebentar saja sampai tercampur rata. Bisa pula dengan food processor. (Bila cream cheese masih dingin, blender pulse sebentar sebelum memasukkan bahan kering)
- Sambil memanaskan mesin waffel, aduk mentega leleh dengan sendok atau spatula, lalu masak adonan sekitar 2-3 sendok makan, dan sesuaikan dengan petunjuk mesin waffel
- Bila adonan jadi terlalu kental, tambahkan 1sm air atau heavy cream/whipping cream liquid 
- Sajikan hangat-hangat dengan mentega dan saus favorit

Comments

Post a Comment