February 15, 2013

Fudgy Mint Brownies

Mint Brownies

Ternyata oh ternyata, resep brownies belum aku masukin di notes-ku toh. Padahal kalau balik lagi liat ke allrecipes, itu resep udah ta' kutak-katik. Nah, biar ga ribet inget-inget lagi, cateeet dong. Apalagi kalau ada yang minta, kan tinggal kasih. Pas mau catet, eeh, cari-cari foto di dokumen kok ga nemu ya? Perasaan dulu pernah foto-foto. Jadi maap ya, buat yang minta resepnya ga langsung ta kasih. Kan ceritanya mau dikasih pemanis dulu gitu, biar ga hambar ;).

Nah, ceritanya (bentar, resepnya di bawah kok) dulu itu adekku yang di Kuwait bawa brownies enak bener. Padahal biasanya aku kalau  makan brownies numpang di Helen's sambil tuker duit 14 riyal dan rasanya beda ama ini. Dia kayak pake mint dark coklatnya Lindt. Eh bener dong, kata si aseng sambil makan tuh brownies. Ya udah, mari kita bongkar itu resep. Aku pake resep yang fudgy brownies. Jadi kalau cari brownies yang lembut n cakey, jangan lihat lebih lanjut yaaa. Aku ada sih resepnya, cuma kurang suka aja, jadi aku discard dari buku resep. Karena menurutku kalau brownies harus fudgy n chewy, kayak si brownies 14sar-nya Helen's (enak tapi mahil boow, itu sepotong doang. Bikin sendiri bisa dapet separo loyang).

Paling enak emang pake Lindt's Dark Chocolate MINT Excellence. Tapi sekarang memang agak mahal ni coklat. Jadi bisa diganti pake After Eight dan/atau ditambah coklat biasa aja. Atau kalau ga suka mint, ganti aja dengan potongan dark chocolate atau chocolate chip. Harap hati-hati saat membeli After Eight kalau tidak di Saudi. Aslinya After Eight ini mengandung alkohol (mint liquer kalau tidak salah). Tapi untuk konsumsi di Saudi, aku cek tidak ada alkoholnya. Mungkin sudah disesuaikan sehingga tidak ada lagi ingredient tersebut. Tapi kalau untuk negara lain (aku pernah lihatnya di Jakarta dan Belanda yang mengandung alkohol), silahkan diperiksa dulu ya.


Fudgy Mint Brownies

Bahan

170 gram butter, lelehkan
200 gram gula putih
200 gram gula coklat 
      (bisa brown sugar atau dengan palm suiker, tapi palm suiker akan memberi aroma lebih menggoda)
3 telor
2 sdt vanila bubuk
140 gram all purpose flour (tepung serbaguna, segitiga biru)
65 gram dark cocoa powder
1/2 sdt garam (*)
1/4 sdt baking soda (*)
100 gram (1 bks) Lindt Mint Excellence atau After Eight (**)
100 gram semi sweet chocolate chip atau dark coklat blok cincang (**)
2 sdt kayumanis bubuk (optional - terakhir pake ini karena kehabisan vanila :p)



fresh from the oven

Cara membuat

1. Olesi mentega 1 loyang square 22x22cm atau rectangle 7x13inch, panaskan oven 175derC
2. Ayak atau campur sampai rata dengan whisk: tepung, cocoa, garam, baking soda, vanila dan kayumanis. Sisihkan.  
3. Aduk sampai rata butter dengan semua gula. Lalu masukkan dan campur telur satu persatu.
4. Masukkan tepung coklat ke dalam adonan basah dan aduk sampai rata
5. Tuang ke dalam loyang dan bakar selama 30-35 menit atau sampai adonan matang (bila ditusuk dengan sate/tusuk gigi, tidak ada lagi adonan basah)
6. Biarkan selama kira-kira 15 menit sebelum dihidangkan. Atau hidangkan panas-panas dengan eskrim, yuum...

Total waktu: 45-50menit

Note:

(*) Baking soda hanya untuk membuat lapisan tipis berkilat di atas brownies. Bila tidak ada, tidak perlu dipakai, dan tambahkan 1/4 sdt garam ke adonan.

(**) Ini hanya merupakan perhitungan kasar. Aku suka memakai banyak coklat cincang, karena membuat efek coklat leleh dalam brownies. Jadi silahkan diperbanyak atau dikurangi sesuai selera atau ketersediaan bahan. 

(***) Resep asli memberi pilihan untuk mencampurkan juga almond ke dalam adonan. Aku suka almond dan juga suka coklat, tapi tidak suka ada almond di dalam coklat. Jadi bagian ini aku hilangkan dan aku ganti dengan lebih banyak coklat, bahkan kadang dengan coklat putih atau M&M.

2 comments:

  1. kelihatan enak banget emang Mba Vica..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba dulu dong, baru terasa enak beneran apa gaa :p

      Delete