October 19, 2013

Hotel Favorit: Menikmati Hotel Mewah Harga Murah

Bensin mahal? Yah emang resiko toh tinggal di Eropa. Masih ingat banget dulu sebelum pindah Saudi isi bensin full tank 80 euro. Saat sampai Jeddah, full tank cuma sekitar 7 euro saja. Beberapa tahun setelah itu, terbiasa dengan "kemurahan" ala Saudi, pola travel kami yang sebelumnya adalah smart budget traveler, menjadi smart budget luxury traveler. Haah, budget luxury??? What an oxymoron! Tapi ternyata bisa terjadi looh menginap di hotel-hotel mewah dengan harga budget. Terus kenapa aku menyebut smart traveler? Yup, kami bukan model backpacker seperti yang pernah aku tulis di posting tentang Vienna. Bagiku menjadi traveler yang smart bukan cuma berhasil mengatur budget dan menghemat kiri-kanan tapi akhirnya menjadi penting adalah menikmati perjalanan itu sendiri. Jadinya menikmati kemewahan sesekali mah, kudu hukumnya kalau mampu hihihi... *Jangan ditiru*

Dengan keberadaan voucherhotel.com yang menawarkan hotel mewah dengan harga terjangkau tentu bermanfaat banget buat traveler macam kami ini. Nah hotel-hotel di kota mana saja sih yang berkesan dan menjadi favorit kami? Terus terang aku ga bisa milih satu, jadi aku tulis saja deh review beberapa hotel yang bakal membuat kami balik lagi kesana buat family vacation dan tentunya harga ga terlalu menguras kantong.

Melia Purosani, Yogyakarta






Teringat perjalanan beberapa tahun yang lalu, saat kami menuju Solo melalui Yogyakarta. Tak ada salahnya menginap di salah satu hotel di Yogya. Dari beberapa hotel cantik yang kami lihat, yang cocok harganya adalah hotel Melia Purosani. Tak salah pilihan kami. Memasuki lobinya, kami disambut oleh lobby yang mewah dengan marmer berkilat dan tata ruang bagai istana jaman kolonial. Kamar pun amat nyaman dan cukup luas untuk ditempati kami berempat. Namun yang berkesan adalah keindahan landskaping taman dan kolam renangnya. Begitu eksotis dan cantik tropikal dengan kolam renang yang terbagi dua untuk dewasa dan anak. Tepiannya berhiaskan pepohonan dan patung-patung batu yang tertata secara artistik ditambah dengan air mancur di beberapa sudutnya. Sungguh romantis dan menyenangkan hanya berjalan di tamannya yang cukup luas tersebut. Bila tidak bisa berenang, tak usah khawatir. Kita bisa duduk di tepi kolam atau duduk di dalam kolam anak yang hanya sejengkal. Kolam renang yang dasarnya pun tertata apik dengan keramik dan batu alam itu pun tak terlihat seperti untuk anak kecil. Benar-benar refreshing bagi mata dan raga saat menginap di hotel ini.
















Makanan breakfastnya sayangnya kurang dapat kami nikmati karena saat itu sedang dalam bulan puasa (hehehe biasa lah, mudik ke Indo kan cuma pas kisaran sebelum dan sesudah Idul Fitri). Namun sajiannya cukup lengkap untuk sekedar mengisi perut yang masih tertidur saat sahur. Saking indahnya hotel ini, kami pun banyak berfoto di lobby maupun di lantai dua lobby yang bisa melihat ke luar dan ke dalam gedung dari balik dinding kaca.

Lokasi hotel ini pun hanya selemparan batu dari Malioboro dan untuk berjalan-jalan agak jauh banyak becak yang berjejer di tepian pagar hotel siap mengantar dan menjadi guide kita.

Menginap di hotel berbintang yang cantik di tengah kota klasik sarat tradisi, mana mungkin hilang dari memori.

Hilton Hotel, Madinah, Saudi Arabia



Siapa yang tak kenal nama Hilton Hotel? Hotel yang lekat dengan kesan hotel bintang 5 yang mewah ini memang benar-benar sesuai dengan predikatnya. Terbukti saat beberapa kali kami menginap di sana saat berkunjung ke Madinah. Selain dengan membeli voucher di voucherhotel.com, menginap murah di hotel ini dapat dinikmati oleh para mukimin (orang yang bermukim) di Saudi. Hotel di Madinah biasanya  akan berlomba memberikan harga murah bila tidak ada pengunjung umroh dari luar Saudi. Biasanya terjadi pada bulan-bulan Syawal dan Safar. Kesempatan langka tentu tidak kami lewatkan. Dua-tiga kali menginap disini, sekali kami mendapatkan kamar Junior Suite dengan harga fantastis, yaitu separuh dari harga low season. Wuah, jangan ditanya senangnya kami mendapat durian runtuh. Kamar Junior Suite ini memiliki partial view ke Masjid Nabawi. Ruangannya amat luas dengan ruang duduk yang agak jauh dari tempat tidur. Kamar mandinya pun terbuat dari marmer mewah. Fruit basket dan coklat duduk manis di meja bagaikan tak sabar menunggu kedatangan kami.

Hotel Hilton Madinah sendiri memiliki desain hotel yang mewah dengan ruangan terbuka di bagian tengah sehingga terlihat luas. Pelayanannya pun tetap top of the class, karena di Saudi kadang walaupun hotelnya merupakan hotel waralaba internasional, terkadang pelayanan masih ala lokal yang seperti tidak menghiraukan pengunjung. Lokasi juga amat strategis karena berada tepat di depan pintu tengah Masjid Nabawi, sehingga memudahkan tamu perempuan untuk mengunjungi Raudhah karena jaraknya yang dekat. Breakfastnya pun lengkap dan enak. Kebetulan lidah kami cukup fleksibel dan kami lebih memilih menu internasional dibanding menu khusus masakan Indonesia, karena di bagian internasional breakfast pilihannya lebih banyak. Principally, it was fabulous apalagi welcome amenitynya pun cukup banyak.

Menikmati raudhah saat sepi dan tak jauh dari pintu hotel, berlama-lama ibadah di mesjid Nabawi  dan tidur di tengah dekapan kasur empuk salah satu kamar terbaik hotel mewah berbintang lima, siapa yang bisa lupa?

Novotel Suites, Wina, Austria

Selama kami di Eropa, tentunya untuk menghemat, kami mencari hotel-hotel murah yang pastinya sempit kamarnya. Pernah kami menginap di hotel di Cannes yang bahkan liftnya hanya cukup untuk 1 orang dan 1 koper. Walaah. Untungnya sebagai smart traveler, mencari promo hotel murah wajib hukumnya. Coba saja masuk ke voucherhotel.com. Websitenya cukup user friendly. Tinggal pilih mau ke kota mana lalu cocokkan budget dan keinginan dengan pilihan yang langsung keluar saat kita mengklik nama kota. Bila kita yang diinginkan tidak ada, silahkan saja langsung bertanya ke customer service yang siap membantu.

Tahun lalu kami beruntung mendapatkan hotel Novotel Suites di Vienna, Austria. Harganya memang agak sedikit di luar budget kami, tapi kami benar-benar puas dengan hotel ini. Bagaimana tidak, kamarnya luasnya ga kira-kira boow. Hampir sama besar dengan Superior Room Anwar Movenpick Madinah yang super luas itu. Padahal ini Eropa looh, Vienna pula. Salah satu kota termahal namun juga memberikan tingkat kehidupan terbaik di seluruh dunia. Kota yang cantik dan mungil yang identik dengan musik klasik. Yah itu pula salah satu alasan pergi kesana, pengen banget liat konser musik klasiknya. Tapi anak-anak belum terbiasa duduk melihat konser, jadi untuk sementara diurungkan dulu mengintip Vienna Philharmonic Orchestra ataupun Vienna Boy's Choirnya.



Novotel Suites mempunyai family room yang luasnya katanya 30m2. Terlepas dari benar atau tidaknya ukuran tersebut, namun memang terlihat dan terasa amat luas. Hiburan in-roomnya seperti film TVnya pun cukup baru untuk ukuran hotel yang biasanya mencharge extra untuk film layaknya bioskop. Jadi saat kami beristirahat meluruskan kaki, anak-anak pun dapat dengan tenang menonton film.  Fasilitas pun cukup lengkap dengan water cooker. Eits jangan ketawa, jarang looh ada hotel di Eropa yang menyediakan water cooker. Belum lagi breakfastnya. Hehehe... Breakfast itu penting bos. Kami ga bisa keluar rumah tanpa sarapan mengisi lambung kami. Makanya salah satu kriteria pemilihan hotel untuk kami adalah menyediakan breakfast. Disini cukup lengkap nih. Masak, di hotel seperti ini ada salmon asap untuk breakfast. Waduuh, mantap euy. Eits, aku lupa bahwa Novotel merupakan salah satu hotel kelas atas grup hotel Accor dari Prancis. Jadi tak heran pelayanan dan fasilitasnya pun termasuk yang terbaik. Aku lupa dengan fakta itu karena ada fakta lain yang lebih mengena, yaitu tagihan kartu kredit yang alhamdulillaah, tidak sebanyak bila kami harus membayar langsung ke hotelnya tanpa pre-order. Kami masih berpikir mendapat hotel murah di tengah kota Vienna yang mahal, tentunya cuma hotel ecek-ecek. hehehe, ternyata....


Ya, hotel ini berada cukup di tengah. Bila mau ke Prater Wien (amusemen park yang tidak berbayar masuknya) yang terkenal dengan bianglala raksasanya yang bernama Riesenrad, kita cukup berjalan kaki kira-kira 10-15 menit. Riesenrad merupakan salah satu bianglala tertua yang masih beroperasi.  Untuk pergi ke centrum, kita tinggal naik metro yang berada di ujung jalan. Berjalan 5 menit, kita akan menemui Sungai Danube yang terkenal itu. Sayangnya airnya tidak lagi biru seperti di abad 18 ketika Strauss menggubah komposisi musik Blue Danube. Intinya, kalau dana menunjang, kami akan kembali lagi ke hotel ini saking terkesan akan luas kamar, kelengkapan breakfast dan kedekatannya dengan berbagai tempat wisata di Vienna. Nilai plus lain adalah, keberadaan parkir berbayar yang terdapat di bawah hotel memberikan solusi untuk pencarian parkir mobil kami.

Vienna sendiri menawarkan berbagai macam atraksi. Mulai dari Museum untuk semua umur, pusat pertokoan, taman yang indah, Prater Park dan juga Istana Schonbrun, istana kerajaan Kaisar Austria terakhir. Tiga hari disana rasanya kurang cukup. Bisa diintip dulu kok tentang Vienna yang super lengkap di webste Vienna Citynya. Dari website itulah, aku mendapat informasi beragam kalau mau pergi dengan anak bagaimana, dan transportasi murah buat turis yang bagaimana. Novotel Suites ini memang lumayan harganya, jadi kalau mau cari yang lebih murah mungkin bisa mengintip ke bagian tentang hotel di Vienna-nya voucher.com. Semoga kami dapat pergi kesana lagi, dan semoga kali itu aku sudah punya sim Eropa supaya bisa cepat-cepat sampai sana.

Voucherhotel.com


Sebenarnya apa sih voucherhotel.com yang dari tadi disebut-sebut. Pernah ga dulu beli voucher hotel secara offline, dimana kita harus menelpon agennya lalu pergi ke tempatnya untuk ambil voucher. Yah hare gene udah obsolete kali yang model gitu. Sekarang jaman model voucherhotel.com. Bila kita sudah tau mau kemana, tinggal datang ke websitenya voucherhotel.com lalu pilih kota dan hotel, lalu bayar, print voucher, siap deh masukin ke tas. Bayar pun bisa pakai kartu kredit atau pakai debit card. Dan ternyata fasilitas yang ditawarkan lumayan menarik. Selain harganya yang bersaing, ada juga fasilitas free upgrade kamar juga full breakfast yang kadang tidak ditawarkan di website sejenis. So, next time mau jalan-jalan, ada pilihan kan untuk mendapatkan hotel murah dan nyaman.

7 comments:

  1. bagus bagus emang klo hotel y mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iye mak. Pengennya nginep terus di hotel yak. Ga perlu beres2 rumah hihihi

      Delete
  2. Wuih.... hotelnya bagus. Jadi pengen ke sana :)

    ReplyDelete
  3. Senangnya bisa menginap di hotel-hotel mewah Dengan kemudahan membeli voucer menginap makin membuat acara liburan lancar ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuul mbaa... makasih dah mampir ;)

      Delete
  4. Hotel-hotelnya semua bagus dan pasti menjanjikan pelayanan yang terbaik, di mana pelayanan terbaik merupakan salah satu kriteria hotel favorit

    ReplyDelete