March 7, 2012

Sosis Solo Asli Wong Solo

Siip, karena mami lagi di rumah, mari kita pekerjakan. Huahahaha....anak ga tau malu nih. Minta buatin sosis solo aja buat acara arisan tadi pagi. Namanya doang Sosis. Tapi ga ada bentuk-bentuk sosis sama sekali kecuali panjangnya. Tau kan sosis solo apa? Itu loh makanan snack tradisional khas Solo, kota asalnya mamiku. Seperti risol tapi isinya daging bersantan. Gampang buatnya, aku udah sering buat, tapi kok rasanya ga seenak punya mami yang ini yaaa. Beda tangan, beda rasa...huhuhu...Ternyata ada kesalahan di buatanku dulu. Dulu diajarin cuma pake bawang putih ternyata sekarang pakai bawang merah juga. Rasanya lebih mantep. Coba deh buat.

Atau kalau malas bikin, yang tinggalnya di Jakarta tinggal pesan ke Cempaka Katering aja ya ;)

Sosis Solo mix sedikit Risol Mayo (gara2 isi sosis abis, tapi kulit masih banyak :p)


Sosis Solo
(c) Cempaka Katering
(+ / - 25bh Mini sosis atau 20bh ukuran normal ) 

Bahan 

Kulit sosis
200 ml air
4 telur besar
200 gr tepung
setengah sendok teh garam



Daging Isi 
300 gr daging sapi giling
3 siung bawang putih, memarkan
1 bawang merah bombay ukuran sedang / 3 butir bawang merah kecil, iris halus
100 ml air
50 ml santan
3 sendok teh garam
5 sendok teh gula
2 sendok teh bubuk lada putih
2 sendok makan minyak

(Saya sebenarnya tidak pernah memiliki pengukuran yang tepat dari garam, gula dan merica. Semua dicampurkan berdasarkan selera. Tapi untuk resep ini, jumlah gula harus lebih banyak dari garam untuk mendapatkan rasa manis yang gurih)

Cara membuat 

Kulit Sosis 

1. Campur semua bahan dalam mangkuk. Kocok sampai semua tercampur rata dan adonan tidak terlalu encer (tambah tepung jika encer) dan tidak terlalu kental (tambah air atau telur ukuran kecil)

2. Panaskan wajan (kecil: 18 cm, normal: 20 cm) dengan sedikit minyak merata di atasnya. Tuangkan sekitar 30-50 ml adonan ke wajan panas dan putar wajan dengan gerakan memutar sehingga adonan melapisi permukaan secara merata.

3. Masak lembaran selama sekitar 1 menit atau sampai tepinya longgar, lalu angkat dan sisihkan dalam piring datar. Lanjutkan memasak seluruh sisa adonan kulit.

Daging Isi: 

1. Panaskan minyak dalam panci

2. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai berbau manis

3. Tambahkan daging dan aduk merata dengan garam, gula dan merica

4. Tuang santan, aduk rata dan biarkan mendidih untuk beberapa saat

5. Tambahkan air, aduk rata dan biarkan mendidih sampai air kering. Jaga jangan sampai gosong dengan membalik-baliknya sekali-sekali

6. Angkat dari api dan saring dengan saringan yang halus untuk menghilangkan kelebihan minyak.


Penyelesaian: 

1. Pastikan bahwa daging isi sudah kering dari minyak

2. Ambil 1 lembar kulit, taruh sekitar 1 sendok teh daging isian di tengah lembaran. Lipat/gulung seperti Anda melipat lumpia. Lakukan terus sampai lembaran kulit habis.

3. Panaskan minyak goreng (cukup untuk menggoreng deep fry)

4. Campurkan 1 telur dan 1 sendok teh air. Celupkan beberapa gulungan dalam campuran telur air untuk melapisi gulungan sosis. (Ambil sebanyak yang Anda mau makan pada waktu itu. Sisa yang belum dilapisi telur dapat disimpan dalam lemari es hingga 5 hari)

5. Goreng selama kira-kira 3-5 menit atau sampai lapisan telur berwarna cokelat keemasan.

6. Siap disajikan dengan atau tanpa sambal :).


Diterjemahkan dari postku di amuslima ini.

6 comments:

  1. gw bookmark aja deh dulu...
    siapa tahu nanti gw bisa coba bikin resep ini :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. ala biasa karena biasa Em... ditunggu foto hasil buatannya :)

      Delete
  2. waah waah asiik pas banget ada bahannya semua..mau bikin aah!!

    ReplyDelete
  3. Aku suka banget sosis solo, Vic. Tapi males buat, beli jadi aja lah.. Hihihihiii....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ai: Kl banyak pesen di nyokap gue aja hihihi...promosi katering :p

      Delete