March 6, 2012

Bunda of Arabia: Don't Forget to Exhale....

Cover buku Bunda of Arabia
Sejak pulang dari Madinah, tidak ada kesempatan banyak untuk membuat posting blog banyak-banyak. Padahal ada tekad untuk bikin satu hari at least satu tulisan. Tapi apa daya. Otakku lagi terpakai untuk tiga hal sekaligus, jalan-jalan sama tamu agung, promosi jualan Swatch sama bikin cover buku Bunda of Arabia. Belum lagi tugas harian sebagai emak-emak.

Alhamdulillah selesai juga nih covernya buku pertama kami berdelapan. Ceritanya seorang temanku yang hendak hengkang dari Jeddah mau buat kenang-kenangan buat Jeddah yang ternyata dia cintai :p. Terus diajaklah teman-teman sepengajian buat ikutan nulis antologi. Ternyata 7 orang menyambut ajakannya. Jadilah kami menulis bersama-sama tentang kehidupan kami di Jeddah.

Nah, ternyata si mama satu ini maunya bukunya sudah selesai sebelum dia pergi. Jadinya dikejar-kejarlah kami. Dan rencana mau sodorin naskah ke publisher besar seperti Grm atau Mzn pun ditinggalkan. Karena biasanya naskah di penerbit besar itu mengantri panjaaang. Walaupun enaknya ya kami cuma tinggal duduk manis setelah setor naskah. Mereka yang buat semua-muanya.

Jadi kasian juga si mama sebagai project headnya nih. Pontang-panting ngumpulin naskah, ngumpulin foto, edit dan macam-macam. Yah, dia punya timeline sendiri. Dan tadinya ada rencana menyerahkan ke publisher yang dikenal salah seorang anggota Bunda of Arabia, tapi tidak jadi juga karena sang pencetus ide merasa masih kurang cepat. Akhirnya ditempuh cara self publishing. Makanya kita harus pontang panting sendiri dari awal sampai akhir. Dari mulai cover sampai pemasaran, bikin sendiri.

Ternyata untungnya saat ini banyak banget self publisher. Jadi tinggal googling aja cara-cara bikin buku sendiri gimana. Banyak deh resources yang keluar. Mulai dari cara memulai bikin buku, bikin cover, bikin layout sampai marketing. Hanya saja untuk final layout dan editing, kita serahkan ke si publisher independentnya, sebuah perusahaan yang membantu self publishing proses.  

Karena aku dan seorang teman mempunya beberapa ide untuk cover, akhirnya kami diserahi tugas membuat design cover dibantu oleh seorang web designer. Nah makanya pusing juga nih. Kan apa yang kita pengen belum tentu diterjemahkan dengan benar oleh si designer. Akhirnya aku buatkan saja yang aku mau bentuknya seperti apa secara kasar dalam bentuk powerpoint. Alhamdulillah jadinya sesuai malah lebih dari apa yang aku bayangkan. Wohoooo...

Cuma yah gitu lah sempat kesal juga karena ada salah satu anggota yang menurutku kontribusinya dikit tapi maunya banyaaak hahahah... (ketawa seterees...). *hanyamenurutkuloooh*

Yah, semoga saja bukunya cepat selesai diedit dan dicetak. Insya Allah April katanya selesai. Tapi untuk sementara waktu, exhale dulu aaah, sebelum mulai proses jualannya. Yang penting tugasku udah selesai dulu. Jadi bisa ngeblog lagi horeeee....

5 comments:

  1. ih ih, kece deh covernya, ketimbang yg teaser waktu itu (keramean).

    yang ini pas, simple, pesannya nyampe.
    btw, itu bundanya napa cuma 5? 3 lagi kemana? atau sengaja biar ga keramean?

    ReplyDelete
    Replies
    1. huhuhu...terharu dibilang bagus. Gampang bikin konsepnya karena punya stock foto2 bagus dari suami2nya para Bunda of Arabia.

      Yg 3 ngejar2 buntutnya dulu takut nyemplung hihhi... Iya salah satunya biar ga keramean. Nanti keliatannya kecil2 semua :)

      Delete
  2. Jangan lupa dilempar kesini yaaaa hihihi...

    Wait, kenapa disampulnya nama mbak disitu 'aneh' begitu yak? -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jakarta kan mba May? Pasti laaah hahahaha

      Aneh namaku Vica Item gitu ya? Itu emang nama asliku looh.
      Item tuh famku, kan papi alm orang Menado. Jadi ceritanya aku tuh anak ManJa alias Manado Jawa :D

      Delete
  3. Nice,

    Share Info juga, buat para pelaku self publishing :
    Kami menyediakan jasa pra terbit seperti jasa editing, layouting, dan desain cover, serta cetak buku tanpa minimal eksemplar.
    Silakan mampir dulu ke https://malkasmedia.wordpress.com/kerjasama/

    Terima kasih

    ReplyDelete