Skip to main content

Portabello Isi Kentang Puree (Potato-Stuffed Portabello) #30hariberbagiresep

Minggu lalu tergiur melihat seorang teman blogger di FB yang memajang foto makanan. Tampangnya seperti portabello dengan diisi mashed potato. Walaupun belum pernah makan, dan ga tau bentuk aslinya seperti apa, penggemar jamur seperti sayah ini tentunya pengen nyoba dong. Kebetulan minggu lalu ada promo jamur di supermarket. Jadi selain beli jamur biasa pengisi kulkas, dicobalah beli jamur portabello ini. Bentuknya sih mirip jamur kastanye raksasa. Mungkin juga rasanya. Jadi rasanya, bakalan aku buat simple aja, portabello rasa butter. Yah sudah, mari berfantasi ria dengan resep super simple :p




Portabello Isi Kentang Puree

2 jamur portabello (karena kemaren 1 pack isi cuma 2 ;))
2 kentang ukuran medium, kupas dan potong dadu
100-150 ml susu cair
20 gram keju parut
garam laut (sea salt), hancurkan
lada hitam haluskan, sejumput saja
2 sdt sour cream bila ada
2-3 sm butter unsalted
2 sm olive oil




Cara membuat

1. Kukus atau rebus potongan kentang sampai empuk, lalu panas-panas campur dengan susu cair, hancurkan/haluskan dengan garpu. Tambahkan keju parut. Untuk menu ini buat lebih  lembut dan agak encer dengan memperbanyak susu cair, tapi tetap jangan sampai mushy (keenceran)
--> Bisa juga dilihat disini untuk resep lengkap Mashed Potato.

2.  Sementara panaskan oven 180degC.

3. Panaskan wajan, masukkan butter sampai mencair, masukkan jamur taburi garam dan lada hitam. Masak jamur, bolak balik sampai agak layu dan masukkan olive oil untuk mengeluarkan jus jamur.
--> Bila jamur masih ada batangnya, cabut/potong sampai ujung dan cincang tipis lalu masukkan sebelum memasak jamur besar. Kebetulan jamurku ini ga punya batang jadi terpaksa untuk mendapatkan jus untuk saus, harus memasak piringan jamurnya juga

4. Tata jamur di atas piring oven atau loyang. Masukkan kentang tumbuk ke dalam cekungan jamur. Taburi dengan sedikit lada hitam dan garam. Tumpuk lagi dengan kentang tumbuk sampai menjadi gundukan kentang. Siram butter saus jamur ke atas kentang tumbuk dan bakar kira2 5-10 menit.

5. Sajikan diatas lapisan daun selada (yang sayangnya tadi pas habis dimakan buat lunch), dengan cherry tomato  dan sour cream.


Hmmm, nanti kalau ke Jakarta, pengen coba deh ah, yang benernya gimana hehehe...


 
Daging portobellonya pun sudah enyaak...




Comments

  1. blum pernah nyobain portabello..
    penasaran :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. enaak... dagingnya padet. Lumayan buat yang vegetarian :D

      Delete
  2. aduh baru tahu ada yg namanya jamur portabello...pingiiinn nyobaa...
    Fotonya bagus, mak...menggoda selera ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihih... padahal pake kamera HP loh Mak motonya. Di Jakarta seharusnya sih ada ya. Di Ranch MArket mungkin ada.

      Delete

Post a Comment